Sperma kering apa bisa menyebabkan kehamilan?

N Info Penanya: N, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mau bertanya apakah sperma yg menempel di sprei bisa menyebabkan kehamilan dok? Saya ga sengaja megang sperma tersebut tetapi sperma nya kering
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Sperma yang dikeluarkan saat ejakulasi adalah salah satu yang berperan untuk terjadinya kehamilan. Bisa terjadi kehamilan bila sel telur bertemu dengan sperma di dalam vagina. Di dalam vagina, sperma ini bisa bertahan hingga 5 hari, namun di luar vagina tentunya akan bertahan sebentar saja, terlebih bila sudah mengering maka sperma bisa dianggap sudah mati.

Dan perlu dipahami bahwa bisa terjadi kehamilan bila sperma masuk ke dalam vagina, sehingga aktivitas seperti memegang sperma, atau menelan sperma tidak bisa menyebabkan kehamilan. Kecuali setelah menyentuh sperma, jari masuk ke dalam vagina.

Untuk mencegah kehamilan, Anda bisa menggunakan KB atau kondom ketika berhubungan seksual. Bila Anda melupakan jadwal KB Anda dan sudah terlanjur berhubungan seksual, maka Anda juga bisa mencegahnya menggunakan kontrasepsi darurat yang disebut dengan morning after pil. Tapi obat ini perlu diminum sesegera mungkin setelah berhubungan seksual dan sebelum 72 jam. Biasanya pil ini terdiri dari 2 pil, sehingga pil yang kedua perlu diminum 12 jam setelah pil yang pertama. Namun pil ini bukanlah pil penggugur kandungan.

Sebaiknya hindari berhubungan seksual di masa subur, termasuk aktivitas petting untuk mengurangi risiko kehamilan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kunci merangsang payudara adalah eksplorasi area dan sensasi sentuhan

Cara Memainkan Payudara agar Istri Makin Bergairah, Suami Harus Tahu

Ada banyak cara memainkan atau merangsang payudara yang bisa Anda lakukan saat foreplay maupun bercinta. Kuncinya, jangan ragu dan malu untuk eksplorasi.