Kapan masa hidup sperma jika ada di luar tubuh?

NK Info Penanya: NK, Pria, 22 Tahun
Dok, saya mau tanya apa sperma yang di sprei selama 1 jam sudah mati dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi NK,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Sperma akan dikeluarkan saat laki-laki ejakulasi. Lama bertahan sperma diluar tubuh bisa mencapai 20-50 menit tergantung kondisi lingkungan tubuh seperti udara, cahaya, dan lingkunga. Sperma akan segera mati jika air mani mengering. Berbeda jika sperma dikeluarkan di dalam tubuh wanita, sperma bisa bertahan hingga 3 hari di dalam rahim. 

Jadi jika Anda dan pasangan melakukan ejakulasi di luar tubuh dan terkena di bagian vagina, jika Anda memiliki kualitas sperma yang baik, sperma masih bisa berenang ke dalam dan masuk ke dalam dan berpeluang untuk terjadinya kehamilan.

Namun jika Anda sedang berenang atau berendam di bak mandi kemudian pasangan Anda melakukan ejakulasi di dalam bak mandi, peluang untuk terjadinya kehamilan sangatlah kecil, karena sperma bisa dapat langsung mati karena suhu air atau bahan kimia dalam bak air.

Untuk meningkatkan kualitas sperma :

  • Konsumsi makanan bergizi 
  • Perbanyak air putih
  • Hindari alkohol dan rokok
  • Olahraga teratur
  • Jangan menggunakan celana dalam yang terlalu ketat

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meningkatkan kualitas sperma sebenarnya tak sulit, Anda harus rutin berolahraga, istirahat yang cukup, dan konsumsi makanan sehat

Begini 11 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Agar Istri Terus Nempel

Meningkatkan kualitas sperma penting dilakukan karena berpengaruh langsung terhadap kesuburan pria. Berikut langkah untuk sperma sehat dan membantu rencana kehamilan Anda.