Ada sedikit sperma masuk ke vagina, apakah bisa hamil?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Dok, saya mau tanya. Kemaren saya berhubungan intim dengan suami saya, tetapi suami saya mengeluarkan sperma diluar, namun ada sebagian sperma yang masuk kedalam vagina saya. Apakah hal tersebut dapat menyebabkan kehamilan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SU.

Sperma adalah sel yang dihasilkan oleh alat reproduksi pria. Sperma mulai diproduksi saat seorang pria memasuki usia remaja, yang ditandai dengan mimpi basah. Produksi sperma juga disertai dengan kemampuan seorang pria untuk ejakulasi.

Saat seorang pria mengalami ejakulasi, jutaan sperma akan dikeluarkan. Dari jutaan sperma tersebut, apabila ada satu saja sperma yang berhasil masuk ke dalam rahim dan membuahi sel telur, maka akan terjadi kehamilan.

Oleh karena itu, menjawab pertanyaan Anda, sedikit sperma yang masuk ke vagina tentu saja dapat menyebabkan kehamilan. Karena demikian, disarankan agar Anda menunggu sampai jadwal haid selanjutnya. Apabila mengalami keterlambatan haid, maka sangat dianjurkan agar Anda melakukan testpack untuk memastikan apakah ada kehamilan atau tidak.

Atau, Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dilakukan USG rahim untuk memastikan kehamilan. Jika benar hamil, maka akan tampak gambaran gestational sac atau kantung kehamilan.

Tetapi jika tidak hamil, untuk ke depannya, sebaiknya gunakan kontrasepsi secara rutin apabila Anda bermaksud untuk mencegah kehamilan, ya. Anda dapat menggunakan kontrasepsi non-hormonal seperti kondom atau IUD, maupun kontrasepsi hormonal seperti pil, suntik, atau implan. Untuk menentukan jenis kontrasepsi yang sesuai, Anda dapat berkomunikasi dengan suami. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ibu hamil boleh makan kepiting asal dimasak dengan matang dan dalam jumlah yang sedang

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kepiting? Inilah Penjelasannya

Kepiting menjadi salah satu makanan laut yang banyak digemari. Namun, sebagian ibu hamil takut makan kepiting karena khawatir dapat membahayakan kandungannya. Sebetulnya, bolehkah ibu hamil makan kepiting?