Sperma di tangan apakah bisa berisiko hamil?

IN Info Penanya: IN, Pria, 1 Tahun
Dok mau tanya kalau tangan terkena air mani lalu si tangan itu di lapkan ke kain kemudian lalu kering tangannya lalu si tangan itu dipake cebok apa itu bisa beresiko kehamilan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IN,

Sperma adalah sel yang dihasilkan oleh pria untuk membuahi sel telur. Sel sperma sendiri tidak bisa bertahan hidup di luar tubuh dimana jika sudah di lap atau terkena udara bebas maka akan mudah mati dan tidak aktif.

Apabila terkena tangan dan sudah mencuci tangan atau sudah mengelapnya maka kemungkinannya kecil untuk bisa membuat hamil. Tetapi apabila sebelumnya melakukan kegiatan seksual seperti melakukan petting sampai hubungan seksual maka bisa berisiko terjadi kehamilan.

Jika saat ini belum menikah dan belum ingin menanggung kehamilan atau belum siap bertanggung jawab apabila terjadi kehamilan, maka perlu menghindari kegiatan yang berisiko. Bisa juga gunakan kontrasepsi seperti pil KB atau kondom untuk mencegah kehamilan.

Hubungan seksual diluar pernikahan juga bisa berisiko terjadinya beberapa penyakit menular seksual sampai terjadinya penularan HIV. Untuk itu perlu lebih bijak dalam melakukan perbuatan agar kedepannya tidak menimbulkan penyesalan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara meningkatkan sperma dapat melalui asupan makanan

Cara Meningkatkan Sperma dengan Makanan, Apa Saja Daftarnya?

Selain meningkatkan jumlah sperma, 13 makanan ini menyehatkan dan mengembalikan kesuburan pria. Cara meningkatkan sperma dengan asupan makanan ini baik untuk diikuti.