Sperma bentuknya pecah, apakah saya mandul?

E Info Penanya: E
Dok mau tanya, kenapa bentuk seperma saya putih kecil-kecil (pecah) , tolong segera di jawab dok, apa saya mandul?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang E,

Kualitas sperma yang baik adalah sperma yang memiliki volume sperma yang cukup, memiliki jumlah sel sperma yang cukup, memiliki jumlah tertentu sperma dengan bentuk yang normal, memiliki jumlah tertentu sperma yang memiliki kemampuan bergerak dan bergerak maju. 

Untuk bisa mengetahuinya tidak bisa hanya dilihat dari kasat mata saja tetapi perlu dilakukan pemeriksaan analisa sperma dibawah mikroskop. Jika sperma tampak putih kecil-kecil tidak bisa menjadi patokan apakah sperma baik atau tidak.

Dalam hal ini tidak perlu khawatir berlebih. Upayakan menjaga kondisi kesehatan tubuh agar kualitas sperma tetap baik diantaranya dengan cara:

  • Mengonsumsi makanan bernutrisi
  • Olahraga dengan teratur
  • Cukup istirahat dan tidur
  • Kelola stres dengan baik
  • Hindari melakukan hubungan seksual yang tidak aman agar tidak terkena penyakit menular seksual
  • Jaga kebersihan dan kesehatan organ intim

Perhatikan juga pada area sekitar organ intim seperti pada batang kemaluan dan buah zakar apakah ada hal yang tidak normal seperti adanya benjolan atau keluhan lain agar bisa diperhatikan dan diperiksakan jika perlu.

Apabila belum menikah maka ada baiknya juga hindari kecanduan pornografi agar tidak mengalami kesulitan dan gangguan secara seksual nantinya setelah menikah. Bisa juga dilakukan pemeriksaan kesuburan sebelum menikah agar diketahui kondisinya dan dilakukan penanganan jika diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh E
30 Mar 2020, 18:33
Saya sudah menikah dok hampir berjalan 2th, tapi belum di karuniai anak, mungkin karna sperma saya yang bentuknya putih kecil-kecil, kayak gak berbentuk sperma, gak sempurna dok sperma saya, tolong dok solusinya bagaimna biar bisa sempurna dan bisa membuahi sel telur.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
31 Mar 2020, 07:39
Selamat pagi E,
Untuk mengetahui kualitas sperma diperlukan pemeriksaan di laboratorium, tidak bisa dilihat secara kasat mata saja. Sedangkan untuk meningkatkan kualitas sperma, Anda harus mengonsumsi asam folat, omega 3, zinc, kacang-kacangan, dan usahakan berat badan ideal, jangan merokok, dan rutin olahraga.
Anda juga perlu melakukan pemeriksaan ke dokter andrologi.
Salam sehat,
dr. Vina
Dibalas oleh E
31 Mar 2020, 18:26
Iya Dok Terimakasih banyak atas informasinya,, Terimakasih sangatSemoga kami segera cepat dberi momongan
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada banyak fakta dan mitos mengenai penis dan ereksi keras

7 Fakta dan Mitos Ereksi Keras dan Penis yang Mencengangkan

Ada banyak mitos dan fakta terkait penis dan ereksi keras yang beredar di masyarakat. Beberapa fakta seperti sejak bayi, laki-laki dapat mengalami ereksi bahkan sejak janin namun hal tersebut disebabkan karena adanya respons alamiah tubuh bukan stimulus seksual.