Berbahayakah keluarnya air mani setelah berkemih ?

GA Info Penanya: GA
Saya sering kali setelah kencing, keluar air spt air mani tp agak encer dan kadang kental, tp tidak sakit... Kira kira apa dan apakah berbahaya ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, GA.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sperma atau air mani umumnya dikeluarkan saat seorang pria mengalami ejakulasi. Ejakulasi sendiri adalah keadaan ketika seorang pria mengalami rangsangan seksual hingga orgasme. Namun, keadaan tersebut dapat mengalami gangguan, dimana sperma atau air mani keluar tanpa adanya rangsangan seksual.

Beberapa penyebab dari gangguan pengeluaran sperma tersebut diantaranya adalah :

  • adanya sisa air mani setelah berhubungan atau melakukan masturbasi (onani) pada saluran kemih
  • keadaan ejakulasi terbalik
  • gangguan otot leher saluran kemih
  • adanya infeksi saluran kemih
  • adanya infeksi menular seksual bagi yang sudah aktif secara seksual

Terkait dengan keluhan Anda, perlu dipastikan terlebih dahulu penyebabnya untuk mengetahui apakah keadaan yang Anda alami merupakan hal yang berbahaya ataukah masih dalam keadaan yang ringan.

Apabila terjadi sesekali, mungkin keadaan yang Anda alami tidaklah serius, namun untuk memastikan sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter Spesialis Urologi, sehingga apabila terdapat gangguan, Anda dapat segera mendapatkan penanganan yang tepat dan sesuai dengan penyebabnya.

Untuk sementara Anda dapat memantau terlebih dahulu seberapa sering keluhan ini Anda alami, kurangi dulu aktivitas masturbasi, dan hindari hubungan seksual yang berisiko. Anda juga perlu untuk menghindari penggunaan rokok dan konsumsi alkohol. Lakukanlah olah raga ringan secara teratur dan Anda juga dapat mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan sperma.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sperma dapat bertahan hingga 5 hari untuk membuahi sel telur paska menstruasi

Berapa Lama Sperma Bertahan Hidup Setelah Ejakulasi?

Meski saat ejakulasi ada sekitar 20 hingga 300 juta sperma yang dikeluarkan, tetapi hanya butuh satu sel sperma untuk menyebabkan kehamilan. Oleh karena itu sering kali banyak orang yang menghindari kehamilan di luar rencana, bertanya-tanya berapa lama sperma bertahan hidup pasca ejakulasi? Tergantung dari kondisi sekitarnya, sperma bahkan dapat bertahan hidup 5 hari di dalam rahim dan bisa menyebabkan kehamilan walapun Anda melakukan hubungan seksual saat menstruasi.