Sperma keluar diluar, apakah bisa hamil?

YA Info Penanya: YA
Halo dok, saya mau nanya, saya berhubungan tapi tidak masuk dalam vagina hanya penisnya di gosok gosok di bibir vagina terus spermanya keluar diluarApakah dapat menyebabkan kehamilan dok? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi YA,

Petting adalah kegiatan seksual dimana saling merangsang tanpa melakukan penetrasi, dapat dilakukan dengan saling menyentuh atau menggesekan kelamin. Petting juga memiliki risiko untuk terjadi kehamilan tergantung seberapa ekstrim petting dilakukan.

Jika petting dilakukan tanpa busana, terjadi ejakulasi di sekitar area vagina maka dapat meningkatkan kemungkinan untuk bisa terjadinya kehamilan. Cairan sperma yang terejakulasi di dekat vagina bisa tidak sengaja terbawa masuk seperti karena memasukan jari ataupun menetes masuk. Hal ini bisa mungkin mengakibatkan kehamilan, meskipun kemungkinannya kecil.

Apabila belum menginginkan kehilan ataupun belum siap menanggung kehamilan, ada baiknya gunakan kontrasepsi seperti:

  • Pil KB
  • Kondom

Selain mencegah kehamilan, kondom juga bisa mengurangi kemungkinan terjadinya penularan infeksi menular seksual dan membantu mencegah penularan infeksi HIV dari berhubungan seksual. 

Apabila setelah melakukan petting mengalami terlambat menstruasi, ada baiknya melakukan pemeriksaan awal kehamilan dengan testpack. Apabila hasilnya negatif maka bisa diulang dalam 2 minggu setelahnya apabila tidak kunjung haid. Terlambat haid juga bisa disebabkan oleh penyebab selain kehamilan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda bisa mengantisipasi diabetes tipe-2 saat hamil, dengan rutin memantau gula darah.

Waspadai Risiko Diabetes Tipe-2 Selama Kehamilan

Diabetes gestasional membuat Anda dan anak berisiko terkena diabetes tipe-2. Mengapa demikian?