15 Nov 2020, 13:33Penyakit Lainnya

Sperma encer karena sering onani

AH
Info Penanya: AH, Pria, 30 Tahun
Siang dok, saya dulu sering mlakukan onani, akibatnya sperma saya jadi encer, akhirnya sperma saya positif tidak bisa memberikan keturunan. Itu gimana dok solusinya untuk mengobati, kalau ada obatnya apakah obatnya itu dok? Agar sperma saya bisa kental dan bisa punya keturunan
591 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang AH,Sperma encer adalah hal yang sering kali dikaitkan dengan kemandulan, padahal tidak selalu sperma encer itu memiliki kualitas sperma yang tidak baik. Untuk mengetahui sperma itu memiliki kualitas yang baik sendiri tidak bisa hanya dari melihat konsistensi atau jumlahnya secara kasat mata saja. Perlu dilakukan pemeriksaan analisa sperma dibawah mikroskop untuk memastikan apakah sperma tersebut memiliki kualitas yang baik. Beberapa kriteria kualitas sperma yang baik sendiri diantaranya adalah:
  • Total 2-5 ml sekali ejakulasi
  • Jumlah sperma dimana jumlah sperma sendiri minimal 15 juta/militer air mani yang diejakulasikan
  • Gerakan sperma dimana 32%-75% mampu bergerak
  • Jumlah sperma yang bergerak maju
  • Bentuk sperma yang normal
  • Likuifikasi atau kondisi sperma yang mencair dalam suhu ruang
Untuk itu jika memang mengalami masalah belum juga hamil, perlu diperiksakna terlebih dahulu kesuburannya baik Anda dan juga pasangan. Periksakan sperma Anda pada dokter spesialis andrologi untuk diketahui kondisinya. Nantinya akan dicari tahu apa yang jadi penyebabnya.Penyebabnya sendiri bisa beragam mulai dari masalah kesehatan, varikokel di buah zakar, masalah psikologis, masalah hormonal dan lainnya. Penanganan masalah sperma sendiri perlu dilakukan mulai dari perubahan pola hidup dan juga dari perubahan asupan makan, dan juga bisa dilakukan tindakan medis seperti operasi jika diperlukan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kesehatan organ intimmeningkatkan kesuburantes kesuburansperma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil