Sperma encer apakah indikasi mandul?

MP Info Penanya: MP, Pria
Assalamualaikum.selamat siang dok. Maaf sebelumnya pertanyaan saya agak sensitif. Pada saat ejakulasi sperma hanya meleleh dan tidak menyembur/menyemprot. Apa penyebab nya dok? Pada saat awal2 pernikahan normal2 saja tapi sekarang (4bulan setelah menikah)Jadi seperti itu. Apakah ada kaitannya dengan kemandulan? Dan bagaimana caranya supaya sperma bisa menyembur lagi pada saat ejakulasi. Mohon jawabannya dok. Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MD.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Kualitas sperma menentukan seberapa berhasilnya sperma berenang mencapai ke sel telur. Saat ejakulasi, biasanya sperma yang keluar berwarna putih dan kental. Tapi kadang, bisa juga encer. Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan sperma menjadi encer yaitu oligospermia (jumlah sperma yang terlalu sedikit), ejakulasi yang terlalu sering, dan kekurangan zinc.

Kondisi sperma yang encer bisa berlangsung sementara dan bisa sembuh dengan seiring berjalannya waktu. Sperma yang encer bukan menjadi indikasi bahwa orang tersebut tidak subur (mandul). Jadi, harus dilakukan pemeriksaan dahulu ke dokter untuk memastikan apakah kualitas spermanya subur atau tidak. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa kondisi sperma yang encer disebabkan mulai dari kondisi medis hingga kekurangan zat nutrisi tertentu.

Untuk mengubah agar sperma tidak encer, Anda cukup memiliki gaya hidup sehat seperti menjaga berat badan ideal, mengurangi stress, tidak merokok, tidur yang cukup, tidak minum alkohol, dan rutin berolahraga. Jika masih tidak ada perubahan, silahkan lakukan pemeriksaan ke dokter.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa terapi mengonsumsi madu sebelum berhubungan seks terbukti meningkatkan kesuburan

Rupanya, Madu Penyubur Kandungan Bukan Sekadar Mitos

Para pasangan yang sedang menanti keturunan tentu saja telah mencoba beragam cara agar cepat hamil. Tak hanya madu penyubur kandungan, perubahan gaya hidup juga diperlukan untuk mewujudkan dua garis di alat tes kehamilan.