Sperma encer, apa solusinya?

A Info Penanya: A
bagaimana cara mengatasi sperma encer?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A.

Sperma adalah sel yang dikeluarkan oleh pria pada saat ejakulasi, dimana dalam sekali ejakulasi dapat dihasilkan ratusan ribu sampai jutaan sperma. Fungsi sperma dalam proses reproduksi sangatlah penting, karena kualitas sperma yang baik akan sangat memengaruhi apakah dapat terjadinya kehamilan atau tidak. 

Penyebab Sperma Encer

Sperma yang berkualitas biasanya memiliki tekstur yang cukup kental dan berwarna putih susu. Apabila sperma encer, biasanya bisa disebabkan karena beberapa hal, di antaranya:

  • Jumlah sperma yang sedikit
  • Pola makan yang tidak baik, seperti sering mengonsumsi makanan cepat saji
  • Kekurangan zat gizi tertentu, misalnya zat besi
  • Perokok aktif
  • Berolahraga berlebihan

Untuk meningkatkan kualitas sperma, Anda dapat melakukan pola hidup sehat agar hormon testosteron seimbang, seperti mengonsumsi makanan bergizi atau yang mengandung likopen. Cukupi kebutuhan tidur tubuh yaitu 7-9 jam per hari, karena produksi beberapa hormon tubuh terjadi di malam hari. Rutinlah berolahraga tetapi jangan berlebihan, ya.

Apabila sperma tetap encer setelah melakukan saran di atas, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis andrologi. Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan fisik atau penunjang seperti analisis sperma. Lalu, Anda akan diberikan saran maupun obat yang sesuai. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tips aman berhubungan seks dengan penderita HIV

Kenali Tips Aman Berhubungan Seks dengan Penderita HIV

Berhubungan seks dengan penderita HIV perlu dilakukan dengan cara yang aman agar virus tidak menular. Kondom merupakan salah satu cara pencegahan yang aman.