Sperma dikeluarkan diluar, kenapa bisa hamil ?

NN Info Penanya: NN, Wanita, 1 Tahun
Slm mlm dokter Sy mau tanya...ap klu sperma dilkeluarin di luar bisa hamil???Dr mn kita bisa hamil klu sperma nya dikeluarin diperut...krn mnrt pasangan sy...itu ngk mngkin dr mn hamil klu bukn dr sperma....sdngkn yng buat hamil sperma.....sy binggung dok...skrng sy hamil...tp dia msh binggung knp bis hamil...sy mohin bantuan nya dok trima mkshSlmt mlm
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, N.

Ketika berhubungan seks, keluarnya sperma melalui alat reproduksi pria dikenal dengan istilah proses ejakulasi. Setelah ejakulasi, sperma yang dikeluarkan di dalam organ reproduksi wanita kemudian akan bergerak masuk dan menemui sel telur. Saat adanya pertemuan tersebut, terjadilah pembuahan yang menghasilkan zigot atau bakal janin, yang kemudian melakukan implantasi atau menempel pada dinding rahim, proses itulah yang disebut dengan kehamilan.

Mengenai pertanyaan Anda, pada dasarnya ejakulasi yang dilakukan diluar alat reproduksi wanita, tidak dapat sepenuhnya memastikan seorang wanita terhindar dari keadaan hamil karena terdapat cairan yang disebut dengan cairan pra-ejalukasi yang bisa mengandung sperma. Cairan pra-ejakulasi yang mengandung sperma tersebut dapat dikeluarkan sebelum ejakulasi dan pengeluarannya umumnya tidak disaradari oleh kedua belah pihak pasangan.

Uraian diatas merupakan penjelasan ilmiah dari kemungkinan kehamilan yang Anda alami walaupun pengeluaran sperma dilakukan diluar alat kelamin wanita. Dapat Anda sampaikan kepada pasangan Anda, sehingga dapat lebih dipahami.

Jika Anda dan pasangan menginginkan keterangan yang lebih lengkap, dapat menemui dan berkonsultasi secara langsung kepada dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh JJ
21 May 2020, 22:11
mbak'e penetrasi ndak?
Dibalas oleh JJ
22 May 2020, 10:54
maksudnya kelamin pasangan ada masuk ke dalam kelamin kamu ndak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
22 May 2020, 11:48
Selamat siang JJ,
Selama penis penetrasi ke dalam vagina meski ejakulasi dilakukan diluar vagina, maka tetap ada kemungkinan untuk hamil, karena pada cairan praejakulasi sudah mengandung sperma meski dalam jumlah sedikit.
Salam sehat,
dr. Vina
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan bisa menandakan bahwa akan menstruasi atau mengawali kehamilan.

Ini Bedanya Keputihan Tanda Hamil dan Keputihan Haid

Keputihan terjadi bukan hanya menjelang menstruasi, tapi juga kehamilan. Meskipun keduanya termasuk dalam golongan keputihan, tapi terdapat karakteristik yang berbeda dari kondisi ini. Kenali 3 tanda ini agar Anda bisa membedakannya.