Apa solusi untuk yang ketawa sendiri?

GA Info Penanya: GA, Pria, 45 Tahun
hallo dokter...anak saya sering rebahan ,terus ketawa ketawa, sambil menutup mata kadang membuka mata dengan pandangan yang tidak fokusitu gejala penyakit atau gangguan apa dokter?adakah solusi agar tidak ketawa ketawa sendiri...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore GA,

Usia berapa anaknya? Bila masih bayi maka hal tersebut bisa wajar saja.

Bila anak sudah diatas 5 tahun tentunya hal tersebut perlu diperhatikan lebih seksama. Ada rangsangan apa yang membuat anak Anda berperilaku seperti itu. Mungkin ada hal yang mendadak dipikirkan atau teringat sesuatu hal yang lucu sehingga merangsang untuk tertawa. Karena tatapan mata yang kosong atau tidak fokus sepertinya anak Anda sedang melamun.

Gangguan mental dimana seseorang tertawa sendiri bisa karena adanya depresi atau trauma yang berlebihan, sehingga tubuh berusaha menghibur diri dan melupakan masalah yang ada dengan tertawa.

Bila hal ini berkelanjutan, maka memerlukan bantuan psikolog atau psikiater untuk menanganinya karena diperlukan konseling untuk mencari faktor pemicunya. Selain itu Anda juga perlu sering berinteraksi dengan anak Anda, sehingga anak Anda tidak sering melamun.

Sebaiknya segera lakukan konseling dengan psikiater agar bisa segera mendapat penanganan yang baik.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dengan berkumpul bersama teman-teman dekat, Anda bisa menghindari post-holiday blues.

Post-Holiday Blues Saat Liburan Selesai, Begini Cara Mengatasinya

Post-holiday blues rentan dirasakan orang-orang setelah berlibur. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini. Salah satu cara mengatasinya adalah melakukan me time.