10 Mar 2021, 09:06Psikologi

Bagaimana solusi untuk mengatasi trauma?

P
Info Penanya: P, Wanita, 22 Tahun
Selamat pagi dok, saya ingin tanya bagaimana menghadapi dan memberi solusi pasangan yg punya trust issue. Dia memiliki trauma masa lalu krn dikhianati mantan nya. Sekarang dia banyak berspekulasi dan overthinking ttg saya yg mirip mantannya dan menuduh saya selingkuh padahal saya sdh sgt terbuka dgnnya bahkan saya tunjukkan semua bukti dan alibi. Dia tetap tdk bisa percaya, bahkan dia sampai mimpi buruk klo saya selingkuh. Mohon bantuannya dok, terima kasih.
132 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam P,Trauma adalah salah satu hal yang bisa mempengaruhi pikiran dan juga mental seseorang. Apabila tidak bisa mengatasi atau tetap berbekas, hal ini bisa menimbulkan beban pikiran tersendiri yang juga bisa berpengaruh pada kesehatan mental.Untuk masalah kepercayaan pada pasangan atau pasangan yang pernah diselingkuhi atau lainnya, ada baiknya bisa dilakukan komunikasi yang lebih baik. Apabila dirasakan pasangan yang sering kali curiga berlebih, ada masalah tidur, posesif, ada baiknya juga bisa bersama-sama berkonsultasi pada ahlinya.

Tips untuk membangun kepercayaan hubungan

Beberapa tips membangun kepercayaan yang bisa diperhatikan diantaranya:
  • Bisa buat kesepakatan dengan saling berjanji atau berkata dengan sungguh-sungguh
  • Saling menghargai satu sama lain
  • Saling lebih terbuka dan menerima pasangan
  • Memiliki waktu berkualitas
  • Membuat batasan sejauh mana batasan tentang kepercayaan, pergaulan, pertemanan ataupun yakin pada pasangan tidak melanggar hal tersebut
  • Komunikasikan dengan lebih baik, bisa juga memiliki penengah untuk bisa memberi masukan
Bisa ajak pasangan untuk bisa lebih terbuka dan juga bisa dilakukan konseling oleh dokter spesialis kedokteran jiwa ataupun psikolog. Jika pasangan sulit untuk diajak berkonsultasi, menimbulkan beban pikiran juga pada Anda, dan belum menjadi pasangan resmi atau menikah, maka ada baiknya bisa memikirkan kelanjutan dan komitmen kedepannya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kesehatan mentaltraumamenjalin hubungan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil