Solusi untuk mengatasi insomnia

JM Info Penanya: JM, Pria, 33 Tahun
Hi Dok, saya sering insomnia belakangan ini, sering tidur sampai jam 3 pagi, apa solusinya ya Dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, JM.

Insomnia adalah gangguan tidur dimana penderitanya mengalami kesulitan tidur meski merasa lelah, sering terbangun di malam hari, kesulitan untuk tidur kembali ketika terbangun, dan bangun terlalu pagi. Insomnia tidak hanya dapat menghilangkan tingkat energi dan suasana hati, tetapi juga kesehatan, kinerja, dan kualitas hidup Anda.

Beberapa penyebab dari insomnia, diantaranya:

  • Gangguan cemas
  • Stres
  • Depresi
  • Gangguan bipolar
  • Trauma
  • Gangguan medis, seperti asma, alergi, penyakit Parkinson, penyakit tiroid, dan kanker
  • Obat-obatan tertentu, seperti obat kortikosteroid, obat tiroid, obat tekanan darah tinggi, dan obat diet

Tips yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Atur jadwal tidur Anda tetap konsisten. Jaga agar waktu tidur dan bangun Anda konsisten di jam yang sama dari hari ke hari, termasuk pada akhir pekan.
  • Tetap aktif. Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu meningkatkan tidur malam yang nyenyak.
  • Periksa obat yang Anda konsumsi. Jika Anda minum obat secara teratur, tanyakan kepada dokter Anda untuk mengetahui apakah ada efek samping yang menyebabkan sulit tidur?
  • Hindari atau batasi tidur siang. Tidur siang membuat Anda lebih sulit untuk tertidur di malam hari.
  • Hindari atau batasi mengonsumsi kafein.
  • Hindari merokok dan mengonsumsi alkohol.
  • Hindari makanan dalam porsi besar sebelum tidur. Anda dapat menggantinya dengan camilan yang ringan.
  • Minumlah lebih sedikit cairan sebelum tidur, sehingga Anda tidak perlu sering buang air kecil di waktu tidur

Anda dapat juga membaca artikel berikut ini.

Konsultasikan ke dokter, jika susah tidur membuat Anda sulit untuk bekerja di siang hari.

Semoga bermanfaat. Salam Sehat.

dr. Reni Utari

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan tidur akan mengganggu aktivitas dan meningkatkan risiko bahaya

Panduan Lengkap Memahami Gangguan Tidur Anda

Gangguan tidur memiliki beragam jenis yang berbeda, Anda harus mengetahui bahaya dari gangguan ini terhadap kesehatan. Penyebab gangguan tidur adalah gaya hidup seperti peminum kopi dan alkohol.