Solusi untuk mengatasi gigi yang sakit kembali setelah ditambal?

R Info Penanya: R, Pria, 2019 Tahun
Dok, saya ingin nanya, kan saya baru menambal gigi saya yang berlubang namun setelah 3 minggu, gigi saya sakit sekali sehingga saya minum obat pereda rasa sakit, namun hanya sementara kemudian gigi saya sakit kembali, hal ini sudah terjadi selama 3 hari. Apa solusi yang harus saya lakukan untuk mengatasi hal ini dok? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam R,

Berdasarkan keluhan yang Anda alami. Gigi berlubang adalah keadaan dimana gigi mengalami kerusakan bagian luar (enamel) dan dalam (dentin) sehingga menyebabkan lubang. Penyebab gigi berlubang adalah plak. Plak terjadi karena kebiasaan yang buruk seperti jarang menggosok gigi, sering mengkonsumsi  makanan yang manis sehingga terjadinya plak. Bakteri menumpuk di dalam mulut mengubah makanan menjadi asam dan membentuk plak. Gigi berlubang tidak boleh didiamkan saja, karena bakteri dapat masuk kelapisan dalam dan membuat lubang menjadi besar. Tanda dan gejala yang ditimbulkan adalah sakit gigi tiba-tiba tanpa sebab, nyeri saat makan ataupun minum, nafas tidak sedap, gigi sensitif, ada noda coklat, hitam atau putih pada permukaan gigi dan rasa tidak enak dimulut.

Dokter akan mengobati tergantung tingkat keparahan lubang gigi. Dokter biasanya menambal jika kerusakan belum menyebar terlalu dalam, mencabut gigi jika gigi sudah terlanjur rusak, memasang mahkota gigi, atau melakukan perawatan saluran akar gigi yang meradang jika sudah sampai bagian dalam. Gigi yang sudah ditambal tetapi masih menimbulkan nyeri curiga terjadi kerusakan lubang sudah terlalu dalam sehingga mempengaruhi saraf pada gigi. Timbulnya keluhan ini sering sekali terjadi karena lubang yang terlalu dalam sehingga mengenai saraf dan pembuluh darah. Kondisi ini memerlukan perawatan saraf. Penggunaan anti nyeri seperti asam mefenamat dan parcatemol yang dijual bebas diapotik dapat membantu menghilangkan nyeri sementara. Disarankan untuk mengkonsumsi obat tersebut sehari tiga kali jika masih nyeri, tetapi disarankan untuk segera ke dokter gigi untuk mengecek kembali penyebab yang terjadi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Sylvi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Permen bisa menjadi makanan perusak gigi karena memiliki kandungan gula yang tinggi

Sayangi Gigi Anda dengan Mengurangi Konsumsi Makanan Perusak Gigi Ini

Banyak orang menghindari makanan perusak gigi. Padahal, yang menjadi masalah bukan makanannya, tapi seberapa lama gigi terpapar makanan itu. Permen hingga roti seringkali dicap sebagai makanan perusak gigi.