Bagaimana cara menangani undescended testis?

SU Info Penanya: SU, Pria, 15 Tahun
Selamat malam dok, saya berumur 15 tahun. Saya mengalami Undescended testis, dimana salah satu testis saya tidak turun. Hal ini belum saya beri tahu kepada orang tua saya. Apakah yang dapat disebabkan oleh kelainan ini dan bagaimana cara untuk menanganinya? Terimkasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SU,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Undescended Testis atau juga yang sering di sebut dengan Kriptorkismus merupakan suatu keadaan dimana salah satu testis tidak berada di dalam skrotum atau bisa dengan kata lain testis belum turun ke skrotum. Hal ini bisa terjadi karena saat pada kehamilan, kedua testis seharusnya turun ke dalam skrotum, namun karena kelainan atau kelahiran prematur, BBLR (Berat Badan Lahir Rendah), riwayat keluarga sehingga menyebabkan testis belum turun.

Kriptorkismus ini sebagian besar tidak bergejala, akan diketahui dari pemeriksaan sendiri atau pemeriksaan dokter. Saat merasakan testis kosong atau hanya ada salah satu dari testis. Kriptoskismus ini, jika tidak ditangani akan menimbulkan masalah kesuburan saat Anda dewasa. 

Berdasarkan keterangan Anda, sebaiknya komunikasikan keluhan Anda dengan ke dua orang tua Anda. Untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter bedah. Penanganan kriptorkismus ini bisa dilakukan dengan operasi, terapi hormon, atau pilihan terapi lainnya seperti implantasi testis jika diperlukan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nyeri pada testis dapat disebabkan oleh torsi testis, vasektomi, hidrokel, dan varikokel

Waspada! Inilah Penyebab Nyeri Testis yang Mungkin Terjadi

Nyeri pada testis tidak selalu berkaitan dengan kanker testis. Penyebab nyeri testis yaitu, torsi testis, batu ginjal, sembelit, hernia, masalah perut, vasektomi, hidrokel, dan varikokel.