Solusi sakit kepala belakang tegang dan tertarik

PE Info Penanya: PE, Wanita, 33 Tahun
Halo dok.? Saya sering sakit kepala, rasanya smpai narik ke tulang belakang, itu sakit Kepala di karna kan apa ya dok? Sya takut adanya pnyakit yg brbahaya di kepala saya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore Ibu PE,

Sakit kepala dapat disebabkan oleh kondisi umum badan seperti kelelahan maupun kondisi persarafan di sekitar kepala seperti saraf mata yang tegang karena telalu lama menatap layar komputer ataupun otot leher dan punggung yang keram karena posisi duduk yang tidak baik. Pastikan dulu Ibu tidak mempunyai gaya hidup yang kurang sehat atau kebiasaan yang salah pemicu sering sakit kepala.

Kondisi sakit kepala dengan tegang dan tarikan ke tulang belakang dapat merupakan gejala:

1. Sakit kepala tipe tegang

Cirinya adalah disertai rasa tertekan di kedua pelipis, bahu berat, leher kaku dapat sampai ke punggung. Sakit kepala tipe tegang tidak diperparah dengan aktivitas dan dapat menetap 30 menit sampai beberapa jam. Penyebab umumnya ialah kelelahan, masalah mata minus, kurang minum air putih, stress, dan posisi duduk yang tidak pas sandaran bahu dan punggungnya.

2. Migrain

Migren sering dialami dan cirinya ialah nyeri di sebelah sisi kepala saja, berdenyut, diikuti gejala penyerta atau aura seperti mata seperti melihat cahaya silau, hidung seperti membau sesuatu, dan dapat juga kuping berdengung. Pada migrain, kegiatan fisik dapat memperparah kondisi dan disertai dengan munculnya gejala lain, seperti mual, muntah, atau gangguan penglihatan. Penyebabnya ialah fluktuasi hormon, lingkungan yang ekstrim misal terlalu panas atau terlalu dingin, bising, atau silau, atau pun wangi-wangian yang menusuk. Terakhir bisa juga karena makanan asin atau makanan olahan yang banyak MSG atau pemanis buatan.

3. Gangguan saraf tulang belakang

Gejalanya ialah penderita akan merasa lebih kesakitan jika berbaring dan kepala bagian belakang berat, penderita mungkin akan mengalami rasa kesemutan pada bahu yang menjalar ke satu sisi lengan. Kondisi saraf terjepit atau biasa disebut sebagai HNP (Hernia Nucleus Pulposus terjadi karena bantalan antara ruas tulang belakang menipis dan kestabilan ruasa tulang belakang berubah sehingga serabut saraf yang melintas terjepit. Dapat ditemukan riwayat jatuh atau cedera pada bagian leher sebelumnya atau pekerjaan yang banyak menggerakkan leher. Ada juga kelemahan tulang belakang leher dan bantalan diskus yang bawaan atau keturunan, biasanya ada riwayat orang tua atau saudara kandung dengan sakit serupa. 

4. Lain-lain. Walaupun hanya sekitar 1% tapi sakit kepala dapat menjadi gejala awal munculnya stroke, meningitis atau infeksi selaput otak, dan tumor otak. Tapi biasanya disertai tanda bahaya di bawah ini.

Segera periksakan diri ke dokter jika sakit kepala disertai dengan tanda bahaya berikut ini:

  1. Sering memberat sekali seperti mau pecah sampai membangunkan tidur di malam hari menjelang subuh
  2. Sempat menimbulkan kehilangan kesadaran atau kontrol tangan dan kaki misal ada pingsan atau gerakan tiba-tiba yang tak terkendali
  3. Disertai demam, muntah menyembur, leher semakin kaku, melihat atau mendengar tidak jelas yang tidak pulih sempurna.
  4. Terjadi kelemahan otot wajah sesisi dan anggota gerak tangan atau kaki pada satu sisi yang tampak dalam bicara jadi pelo atau cadel, jalan agak pincang, bahu satu sisi jatuh atau gerakan tangan satu sisi menjadi tertinggal.

Untuk memastikan penyebab sakit kepala tegang sebaiknya periksa ke dokter spesialis saraf atau dokter umum, dokter akan melakukan pemeriksaan keadaan umum tubuh, tekanan darah, suhu, dan pemeriksaan neurologis untuk mengetahui adanya kelainan saraf yang berbahaya. Dokter dapat melakukan tes darah untuk melihat ada tidaknya infeksi tersembunyi dan terakhir tes imaging, seperti MRI atau CT scan untuk melihat ada tidaknya kelainan struktur otak.

Yang dapat dilakukan di rumah ialah:

  1. Relaksasi dengan pijitan ringan menggunakan minyak urut hangat pada pundak dan leher, bisa juga dengan mandi air hangat, meditasi, atau bahkan aromatherapy
  2. Dapat minum obat penahan sakit yang dijual bebas seperti paracetamol
  3. Banyak minum air putih agar tubuh tidak dehidrasi
  4. Perbaiki postur kepala dan leher agar nyaman selama bekerja dan hindari olahraga atau aktivitas yang banyak menggerakkan leher secara tiba-tiba (hentakkan keras)

Salam sehat,

dr. Andry Yoshua

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit kepala belakang dapat disebabkan oleh kerusakan saraf dan radang sendi tulang belakang

Sakit Kepala Belakang? Ketahui 6 Penyebabnya!

Sakit kepala belakang adalah gangguan yang menimbulkan rasa berdenyut dan seperti ditusuk-tusuk di kepala bagian belakang. Kondisi ini dapat berlangsung 30 menit hingga satu minggu. Penyebab sakit kepala belakang beragam.