06 Oct 2020, 10:00Kandungan

Wasir saat hamil 9 bulan

DS
Info Penanya: DS, Wanita, 25 Tahun
Siang dok.... Dok saya mau tanya setelah saya baca tanya jawab kepada rekan2 yg lain dokter mengatakan kalau bendolan di sekitar lubang dubur tidak mengeluarkan darah disaat BAB, ada kemungkinan bisa melahirkan secara lacar. Dok saya ingin bertanya dok keadaan saya sekarang mengandung 9 bulan dok dan saya mengalami ada benjolan di sekitar lubang dubur saya dok, apakah yg harus saya lakukan dok agar persalinan saya bisa lancar dok. Mohon solusi terbaik ya dok..
1397 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam DS,Benjolan pada anus adalah tanda dari wasir. Wasir sendiri tidak selalu meberikan gejala buang air besar berdarah. Wasir atau ambeien memiliki beberapa derajat atau grade. Gejala wasir selain bab berdarah antara lain seperti:
  • Anus yang gata
  • Nyeri saat buang air besar
  • Benjolan lunak di sekitar anus
  • Rasa tidak nyaman saat berkativitas terutama saat duduk
Jika ada benjolan yang keluar dari anus tapi bisa masuk sendiri merupakan tanda wasir grade 2 dan jika benjolan perlu didorong masuk meruapakn wasir grade 3 dan jika benjolan tidak bisa masuk kembali dapat merupakan wasir grade 4. Pada wasir grade 3-4 memerlukan tindakan operasi untuk mengatasinya.

Wasir saat hamil

Apabila memiliki wasir saat sedang hamil 9 bulan sebenarnya masih bisa melahirkan secara normal tapi perlu diperiksakan terlebih dahulu berapa berat wasir yang dialami. Melahirkan normal dengan wasir sendiri bisa tetap dilakukan jika memenuhi syarat untuk persalinan normal tetapi bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, untuk itu konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan Anda dan bisa meminta pertimbangan untuk berkonsultasi pada dokter spesialis bedah. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
melahirkanpersalinanwasirhemorrhoid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil