Solusi mengatasi keputihan

WP Info Penanya: WP, Pria, 2019 Tahun
Solusi untuk mengatasi keputihan gimana ya.... trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam WP

Keputihan terjadi akibat beberapa kondisi normal dan patologis. Pada wanita penyebab keputihan diantaranya efek gangguan hormonal, sebelum dan sesudah haid, pasca berhubungan seksual, efek kontrasepsi IUD dan stress. 

Keputihan yang tidak normal atau patologi biasanya terjadi pada kondisi infeksi bacterial vaginosis, penyakit infeksi menular sexual gonorhea dan klamidia. Pada penyakit infeksi menular sexual biasanya terjadi akibat riwat kontak sexual beresiko dan berganti pasangan.

Saya sarankan cara mengatasi keputihan adalah dengan mencuci bersih alat kelamin, hindari obat cebok vagina, hindari aktivitas sexual beresiko, jangan memakai celana ketat, ganti celana dalam jika lembab. Jika terdapat infeksi bakteri dan penyakit menular sexual maka harus mendapatkan tatalaksan antibiotik atas saran dari dokter. 

Salam sehat

dr.Zulham 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa jenis infeksi menular seksual, yang bisa ditularkan melalui ciuman, seperti herpes, CMV, dan sifilis

Waspadai Jenis Infeksi Menular Seksual yang Dapat Berpindah Karena Ciuman Berikut

Ciuman menjadi simbol keintiman dalam sebuah hubungan. Walau begitu, Anda harus berhati-hati dengan beberapa jenis infeksi menular seksual, yang bisa dapat berpindah melalui ciuman. Tentunya risiko ini dapat terjadi, jika Anda sering berganti pasangan, atau mencium orang yang tak diketahui riwayat kesehatannya.