Adanya ketertarikan pada mayat, bagaimana solusi kejiwaannya ?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 19 Tahun
Umur 20.Cuma mayat yg mnerima sy & bebas sy cintai.Org2 hidup membuat sy cemas.Anyir/busuk bikin sy orgasm.Sy tdk dekat dgn siapa2, takut membunuh.Masalah timbul karna sy aneh, aseksual & phobiasosial
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, S.

Adanya ketertarikan pada mayat khususnya secara seksual merupakan bentuk penyimpangan perilaku seksual yang disebut dengan istilah necrofilia. Keadaan necrofilia merupakan salah satu jenis dari dorongan perilaku seksual menyimpang yang terjadi berulang secara umum atau parafilia. Pada penderita necrofilia, akan timbul rangsangan dari fantasi atau bahkan kontak secara seksual langsung dengan tubuh orang yang telah meninggal. Sebagian penderita dapat menemukan kenikmatan seksual dengan berada di dekat tubuh mayat, sedangkan sebagian lainnya mengidamkan kontak seksual secara langsung berupa penetrasi baik oral, vaginal sampai anal ataupun melakukan masturbasi pada mayat. 

Menurut pada ahli di bidang psikolog, penyebab dari keadaan dan tindakan necrofilia adalah keinginan untuk mendapatkan pasangan seksual yang membuat penderita bebas berekspresi tanpa kekhawatiran mendapatkan penolakan. Pada dasarnya kondisi tersebut mengindikasikan adanya gejala kecemasan sosial atau adanya kesulitan dan gangguan dalam melakukan hubungan sosial. Adapun faktor penyebab lainnya seperti trauma masa kecil akibat adanya riwayat perlakukan pelecehan seksual sehingga adanya kecenderungan trauma pada pada hubungan dengan manusia yang msih hidup dan ada pula yang menganggap bahwa tubuh yang sudah mulai mengalami pembusukan, tulang dan tengkorak adalah hal yang sangat erotis.

Mengenai keluhan yang Anda alami karena sudah berupa gangguan secara psikologis yang mungkin didasari oleh gangguan lainnya yaitu kecemasan sosial ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan ahli yang dalam hal ini adalah Psikolog. Anda akan mendapatkan pertolongan berupa psikoterapi yang dapat membantu Anda mengatasi kondisi kejiawaan Anda tanpa adanya penghakiman apapun. Anda pun akan dapat berkomunikasi dalam support group yang berisikan rekan dengan keluhan yang serupa, hingga memungkinkan untuk sharing dan saling mendukung.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ansietas berlebih adalah gangguan kecemasan sosial yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari

Atasi Ansietas dengan Terapi Seni

Ansietas atau rasa cemas berlebih adalah gangguan kecemasan sosial yang dapat mengganggu kehidupan. Terapi seni dapat digunakan untuk mengatasi ansietas. Terapi seni dipilih sebagai media untuk mengekspresikan konflik dan permasalahan yang dialami seseorang.