Solusi Hidung Tersumbat

AP Info Penanya: AP, Pria, 30 Tahun
Dear Dokter, hidung saya tersumbat seperti ada lendir yang tidak bisa keluar dan kepala terasa pusing. Ini gejala apa ya Dok? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak AP,

Produksi ingus normal terbentuk oleh sel-sel dalam sinus untuk menjaga kelembaban membran dan untuk melawan infeksi, radang dan mencegah masuknya benda asing ke dalam hidung dan sinus. Produksi ingus berlebihan adalah diakibatkan oleh karena adanya kondisi sebagai berikut :

  • Adanya infeksi virus seperti pada penyakit pilek, ISPA dll
  • Iritasi dan polusi udara contohnya karena polusi dari asap kendaraan bermotor
  • Reaksi dari makanan pedas, atau reaksi alergi terhadap jenis makanan tertentu seperti makanan laut, makanan manis, makanan dengan pengawet, dll
  • Lingkungan yang terlalu dingin, menyebabkan tubuh secara normal memproduksi ingus yang berlebihan
  • Kebiasaan merokok, minum alkohol dan kopi

Sebaiknya diperhatikan apakah ada salah satu penyebab diatas, yang merupakan pencetus adanya ingus berlebihan di hidung Bapak. Mencoba mengeluarkan ingus secara paksa dari hidung dapat menyebabkan kepala menjadi pusing dan pecahnya pembuluh darah di ujung rongga hidung. Jadi sebaiknya biarkan saja ingus keluar dengan sendirinya baru dibersihkan.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab pilek biasanya merupakan virus, sementara sinus bisa juga disebabkan oleh pilek

Ketahui Penyebab Pilek dan Sinus Sebelum Berakibat Fatal

Pilek dan infeksi sinus jelas berbeda. Pilek biasanya terjadi hanya beberapa hari. Penyebab pilek biasanya merupakan virus, namun juga dipengaruhi faktor lain seperti usia, sistem imun, waktu, merokok, dan paparan. Sementara itu, sinus sembuh lebih lama dan memiliki gejala yang lebih parah.