Solusi gigi geraham tinggal setengah

D Info Penanya: D
Permisi saya ingin bertanya saya ada gigi geraham yang bolong tapi setelah beberapa bulan setengah dari gigi geraham itu hilang/pecah jadi kalau ada makanan yang masuk kedalam gusi akan menimbulkan sakit apakah gigi geraham yang sisa setngah itu harus dicabut?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi mbak D,

Gigi dapat tinggal separuh karena beberapa hal:

  1. Sisa makanan yang ditumbuhi bakteri patogen di mulut produksi asam yang melarutkan kepadatan email gigi sehingga gigi rapuh dan berlubang
  2. Kekurangan vitamin dan mineral yang penting untuk kepadatan tulang dan gigi seperti calcium, fluoride, apalagi jika tidak atau jarang gosok gigi dengan pasta gigi befluoride.
  3. Kondisi mulut yang asam misalnya sering makan cuka pempek, atau memang ada penyakit asam lambung sehingga dapat naik ke kerongkongan atau rongga mulut (disebut GERD = Gastroesofageal reflux disease)

Pengobatan gigi berlubang umumnya salah satu dari berikut:

  1. Filling: mencampurkan bahan resin atau amalgam atau emas dengan asam agar dapat berikatan dengan mineral gigi lalu diasah lagi agar bentuk gigi utuh dan normal lagi. Pertimbangannya ialah lubangnya tidak terlalu besar, karena jika besar mungkin susah ikatannya.
  2. Root canal treatment:  tindakan eksplorasi ke saluran akar gigi karena kondisi infeksi dan kerusakan sudah mencapai pembuluh darah dan saraf gigi. Tujuannya membuang sel mati sehingga gigi tidak nyeri, dan juga membersihkan sisa kotoran dan bakteri agar gusi tidak bengkak. Tujuannya agar gigi bisa diselamatkan tidak semakin rapuh.
  3. Crowning: adalah metode pemasangan selubung gigi palsu di atas gigi yang rusak. Gigi palsu bukan layaknya yang biasa cabut pasang tapi menutupi sisa gigi asli yang masih ada seberapapun kecilnya itu. Crown dibuat dari bahan logam, baja, porselen, atau resin. Crown ini dibongkar bagian bawahnya seturut bentuk sisa gigi pasien lalu setelah cocok bentuk maka direkatkan ke sisa gigi pasien dengan metode mekanik dan kimiawi. Crown gigi memperbaiki tampilan dan melindungi gigi dari kerusakan yang lebih parah.
  4. Pencabutan dan prosthese: Bila sudah rusak atau patah besar sekali atau sampai akar sehingga goyang dan tidak bisa hidup lagi. Gigi lama dicabut, bekasnya dibersihkan, lalu ruangan gusi bisa menggunakan gigi palsu lepas pasang pakai klip atau operasi implant gigi palsu ke tulang rahang

Untuk mengetahui sebab masalah gigi Mbak D dan menentukan jenis penanganan yang paling tepat untuk kesehatan gigi Mbak D dan yang sesuai pilihan mbak D maka saya sarankan memeriksakan diri ke dokter gigi terdekat. Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan lubang gigi, saraf gigi, jika perlu x-ray gigi untuk melihat ada tidaknya infeksi di akar gigi dan tulang sekitar yang berbahaya.

Tindakan pencabutan yang dilakukan oleh dokter gigi yang kompeten tentu bisa dipertanggungjawabkan. 

Gigi berlubang adalah gangguan yang umum dan dapat terjadi pada semua orang. Lebih berhati-hatilah ke depannya dan pahami cara mencegah gigi berlubang.

Salam sehat,

dr. Andry Yoshua

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh CA
07 Jun 2020, 20:21
Dok mau tanya sebelum lebaran kemarin anak saya jatoh kebanting posisinya dagunya kegantruk lantai dan giginya 4yg bawah sempat goyang cm udah dikasi obat dan anak sya masi ngeluh sakit pas saya cek lgi ternyata gigi baham yg bawah belah 2 tapi gk copot iti solusinya grmana
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
08 Jun 2020, 19:46
Selamat malam, CA.
Untuk sementara bisa dikompres dengan es batu ya, kemudian jika masih nyeri bisa diberikan obat paracetamol atau ibuprofen terlebih dahulu. Kemudian pastikan ke dokter gigi juga agar diberi penanganan yang tepat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Prosedur cabut gigi baru akan dilakukan jika seseorang mengalami kondisi seperti gigi berlubang dan sarafnya mati, susunan gigi berantakan, berisiko infeksi, atau terdapat penyakit gusi.

Sebelum Cabut Gigi, Kenali Dulu Prosesnya dari Awal Hingga Akhir

Cabut gigi adalah prosedur pencabutan gigi menggunakan alat oleh dokter gigi. Tindakan ini dapat dilakukan jika gigi berlubang, berantakan, atau sarafnya mati.