Solusi badan sering lemas

HB Info Penanya: HB, Pria, 38 Tahun
Selamat sore Dokter,Saya ingin konsultasi kesehatan, sekarang ini badan selalu lemas dan kepala pusing kliyengan serta perut sakit. Mohon diberikan solusi dan cara mengatasinya. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang Bapak HB,

Sebagai awal menjalani kehidupan dengan pola hidup sehat maka usahakan untuk mendapatkan berat badan ideal yaitu sekitar 71 kg.

Selain itu perbaiki dan ikuti saran untuk hidup sehat dengan menjalani kebiasaan baik yang berguna untuk tubuh dan jiwwa yaitu :

Berikut adalah beberapa panduan sederhana untuk menjalani Pola Hidup Sehat :

  • Pola Makan Sehat, Biasakan untuk makan 3 kali sehari yaitu Sarapan, Makan Siang dan Makan Malam
  • Minum Air Putih, Kebutuhan air putih untuk orang dewasa sehari adalah 2 Liter, hal ini setara dengan 8 – 12 gelas air putih.
  • Tidur dan beristirahat secara cukup. Untuk orang dewasa, tidur malam yang berkualitas adalah antara 6 sampai 7 jam setiap malam, dan waktu tidur yang baik adalah antara jam 10 malam sampai jam 5 pagi.
  • Olah raga secara teratur. Mulailah dengan jalan kaki santai dan joging, dengan waktu 3 kali setiap minggu dan 20 menit setiap kali berolah raga. Lakukan olah raga secara rutin dan bertahap.
  • Berhenti merokok, karena merokok sangat tidak berguna untuk kesehatan.
  • Usahakan mencapai Berat Badan ideal
  • Hindari stress. Biasakan berpikiran positif dan optimis, karena baik untuk kesehatan mental dan jiwa. Kesehatan mental yang baik akan memberi pengaruh baik pada kesehatan tubuh.
  • Minumlah Suplemen dan Multivitamin, setiap hari bila perlu.
  • Beribadah dan berdoa secara teratur. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa beribadah dan berdoa adalah sama dengan bermeditasi. Kegiatan ini memberikan dampak yang baik bagi jiwa dan tubuh manusia karena saat bermeditasi tubuh diberikan waktu beristirahat dan relaksasi, sehingga stress pada tubuh dan jiwa dapat dinetralisir.
  • Kembangkan hubungan sosial yang baik. Memiliki sahabat – sahabat yang baik, koneksi dan relasi baru, dapat memberikan rasa senang. Hubungan sosial yang positif secara umum baik untuk kesehatan jiwa.
  • Berlibur. Setelah sibuk dengan rutinitas sehari – hari, maka disarankan untuk menikmati liburan seperti berkunjung ke tempat – tempat favorit bersama keluarga dan teman.

Bila sudah menerapkan pola hidup sehat namun tetap dirasakan ada keluhan maka sebaiknya Bapak mengunjungi Dokter Umum terdekat.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selama kehamilan, salah satu sumber nutrisi yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah susu untuk ibu hamil.

Manfaat dan Berbagai Jenis Susu Ibu Hamil

Asupan kalsium diperlukan selama kehamilan untuk memenuhi kebutuhan mineral bayi. Wanita yang melahirkan ketika berusia 19 tahun atau lebih tua, membutuhkan setidaknya 1.000 mg kalsium.