Softlens sebabkan mata iritasi apa penyebabnya?

SL Info Penanya: SL
Dok, saya kebetulan lebih nyaman pakai softlens daripada kacamata. Tapi akhir-akhir ini mata saya sering iritasi. Kira-kira penyebabnya apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SL

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Softlens atau lensa kontak adalah sebuah benda yang berfungsi untuk membantu seseorang dengan gangguan penglihatan seperti mata minus, untuk membantu memperjelas pandangannya. Fungsi dari softlens ini hampir sama seperti kaca mata. Namun pada penggunaan softlens, harus dipasang langsung pada mata.

Adapun bebrapa kelebihan dari penggunaan softlens adalah:

  • memiliki desain khusus yangs eesuai dengan kelengkungan mata. Sehingga area lapang pandangpun lebih maksimal dibandingkan dengan penggunaan kaca mata
  • Tidak menggangu saat olahraga
  • Tidak berpengaruh terhadap cuaca dan terjadi perubahan cuaca mendadak, seperti pada pengguna kaca mata yang sering kali berembun
  • Memiliki berbagai macam model dan warna
  • Tidak terasa lelah seperti penggunaan kacamata yang lama

Selain beberapa manfaat pada softens, terdapat beberapa kekurangan dari pengunaan softlens. Salah satunya adalah iritasi pada mata. Iritasi pada penggunaan softlens dosebabkan karena Anda tidak menjaga keberishan dari softlens. Sebaiknya sebelum dan sesudah penggunaan sofy lens harus id bersihkan dengan benar agar tidak menjadi sarang virus / bakteri / jamur atau hal - hal lainnya yang dapat menyebabkan iritasi pada mata.

Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter spesialis mata terdekat bila Anda ingin menggunakan softlens yang sesuai.

Tetap usahakan untuk rutin memeriksakan mata Anda setidaknya 2x dalam setahun, konsumsi makanan bergizi seimbang, hindari melakukan aktivitas pada ruangan dengan pencahayaan kurang, dan lakukan olahraga ringan agar badan tetap sehat.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain memicingkan mata, pandangan kabur ketika melihat jauh adalah ciri-ciri mata minus

Ciri-ciri Mata Minus Ini Menandakan Anda Butuh Kacamata

Mata minus atau rabun jauh dapat terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. Ciri-ciri penderita mata minus adalah pandangan kabur, sering mengalami sakit kepala, sulit melihat pada malam hari, dan sering memicingkan mata agar bisa melihat obyek yang jauh.