Bagaimana bila softlen kering di mata?

MS Info Penanya: MS
Dok. Terimakasih sy ucapkan sebelum nya, mau tanya dok, soflen saya kering di mata pas mau lepas ngak bisa, saya amat cemas dok, mohon solusinya, kalau pun bawak k dokter mata atau k optik terlebih dahulu???. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore MS,

Softlen merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mengoreksi penglihatan selain kacamata. Selain untuk mengoreksi mata, softlen juga banyak digunakan untuk menunjang penampilan karena bola mata bisa tambah lebih besar.

Namun pemakaian softlen ini bisa menimbulkan efek samping bila perawatan dan pemakaiannya tidak benar seperti infeksi mata hingga softlen yang lengket pada mata seperti yang Anda alami. Untuk penanganan softlen yang menempel, Anda bisa merendam mata menggunakan larutan NaCl steril yang dibeli di apotek dalam wadah yang sudah dicuci bersih. Bila softlen tidak kunjung lepas, maka Anda harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter mata, hindari melepas softlen dengan paksa, karena bisa menimbulkan cedera semakin parah.

Untuk selanjutnya ada baiknya Anda menghindari pemakaian softlen dan beralih ke kacamata. Bila Anda harus menggunakan softlen, maka usahakan menjaga kebersihan tangan sebelum dan setelah memegang softlen, hindari tidur dengan menggunakan softlen.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab mata merah yang tidak serius masih bisa diatasi dengan obat tetes mata dari apotek

Kenali Penyebab Mata Merah yang Paling Sering Terjadi

Mata merah umum dialami oleh siapa saja. Penyebab mata merah beragam, mulai dari sindrom mata kering sampai pecahnya pembuluh darah di mata atau perdarahan subkonjungtiva.