20 Mar 2021, 06:34Kandungan

Apa yang menyebabkan haid tidak kunjung datang ?

JJ
Info Penanya: JJ0
Dok saya mau tanya, pacar saya udah telat haid 2 minggu. Biasanya tanggal 9 Padahal waktu berhubungan kami memakai pengaman, dan saya ga ngerasa ngeluarin di dalem. Biasanya tanda2 haid nya pusing sama sakit di perut, tanda2 itu sudah ada tapi tak kunjung haid
198 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, J.Rasa cemas tidak kunjung datang bulan bukan hanya dialami para pasangan yang sudah menikah dan memiliki banyak anak, pasangan yang tidak lagi muda, pasangan dengan jarak kehamilan sebelumnya terlalu dekat, tetapi dirasakan pula oleh pasangan yang berhubungan seksual di luar pernikahan tapi takut akan kehamilan. Hubungan seksual adalah hak setiap orang, namun jika melakukan dengan pasangan yang belum menikah, bukan hanya memenuhi kebutuhan biologis namun dapat menambah beban pikiran sehingga wanita menjadi stress.

Apa yang menyebabkan haid tidak kunjung datang ?

Salah satu penyebab tidak kunjung datang bulan adalah stress dimana hormon kortisol yang dihasilkan saat wanita stress menganggu fungsi hormon esterogen dan progesteron sehingga siklus menstruasi menjadi terganggu pula. Selain karena stress, penyebab wanita tidak datang bulan antara lain :
  • Proses kehamilan karena terjadi pembuahan saat berhubungan seksual. Walau Anda dan pasangan sudah menggunakan pengaman seperti kondom. Jika pemakaian tidak tepat, kondom longgar, sperma keluar, kondom bocor, maka kehamilan masih tetap dapat terjadi.
  • Berat badan wanita tidak stabil.
  • Siklus haid memanjang.
  • Gangguan ovulasi karena PCOS, sumbatan tuba, pennggunaan KB, hipotiroid.

Cara mengatasi agar haid normal kembali

Cara mengatasi agar haid normal kembali antara lain :
  • Jaga berat badan ideal dengan olahraga dan atur pola makan.
  • Jangan stress dan terapkan pola hidup sehat.
  • Hindari penggunaan KB yang menganggu hormon.
Jika pasangan masih telat haid, lakukan test pack, jika hasil tetap negatif, lakukan USG di dokter kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.  
siklus haidtes kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil