16 Mar 2021, 22:00Penyakit Lainnya

Berapa dosis parasetamol yang diberikan pada anak ?

SM
Info Penanya: SM0
Anak sy usia 5 th saat ini demam.dan di rumah yg ada paracetamol tablet 500 mg. Pertanyaan sy brapa dosis obat yg hrs diminumkan.separu kh? Mhon infonya
132 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, S.Ketika anak demam ibu merasa sangat cemas terlebih demam tidak kunjung turun setelah dikompres dan diberikan obat. Saat kondisi pandemi, hati ibu juga dilema membawa anak berobat ke dokter, sehingga memilih menunda pemeriksaan dan mengatasi keluhan anak sendiri. Namun kurangnya pengetahuan ibu membuat ibu tidak tahu apa yang harus dilakukan, berapa banyak obat yang diberikan dan bagaimana mengatasi keluhan anak selanjutnya. 

Apa yang harus dilakukan ibu saat anak demam tinggi ?

Yang harus dilakukan ibu saat anak demam tinggi antara lain :
  • Berusaha untuk tenang, jangan panik, dan berpikir jernih.
  • Ukur suhu anak secara berkala.
  • Lakukan kompres hangat pada kepala, dada, ketiak dan leher anak.
  • Berikan anak baju yang menyerap keringat, tidak terlalu tebal.
  • Berikan selimut jika anak merasa kedinginan.
  • Berikan anak minum setiap 5 menit sebanyak 1 hingga 2 sendok.
  • Perhatikan pola demam anak.

Berapa dosis parasetamol yang diberikan pada anak ?

Pemberian obat pada anak tidak boleh sembarangan karena obat diberikan berdasarkan berat badan anak. Kelebihan atau kekurangaan dosis akan berdampak tidak membaiknya keluhan, resistensi obat maupun keluhan overdosis. Parasetamol dapat mengurangi demam dan rasa nyeri yang dialami anak. Dosis yang diberikan sekitar 10 hingga 15 mg/kgBB. Misalnya berat badan anak sekitar 20 kg, maka obat yang diberikan 200-300 mg obat (sekitar 1/2 tablet). Namun yang harus diperhatikan adalah jika anak muntah setelah diberikan ibat, apabila obat keluar seutuhnya, maka ulangi pemberian obat kembali, jika obat tidak keluar, maka berikan obat dijadwal selanjutnya.Obat parasetamol dapat diulang hingga 4 kali dalam sehari atau sekitar 6 jam sekali saat tubuh anak lebih dari 37,5 derajat celcius. Namun jika demam tidak kunjung turun setelah diberikan obat, ada perdarahan dari hidung, gusi, maupun timbul bintik merah di kulit, segera periksa darah dan bawa ke dokter spesialsi anak.Salam sehat,dr. Lidya Hapsari. 
kesehatan anakdemam berdarah denguedemam tifoid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil