skrotum terasa gatal perih dan kulitnya lecet

C Info Penanya: C, Pria, 2019 Tahun
Dok saya ingin bertanya, skrotum saya terasa gatal dan perih juga terasa kaku,sampai kulitnya lecet dok,apakah itu termasuk iritasi atau apa dok,dan bagaimana cara mengobatinya ? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam C

Kulit skrotum cukup rentan terhadap kelembapan, jika banyak berkeringat atau aktivitas dapat membuat lembab sehingga mempermudah pertumbuhan jamur. Jika jarang mengganti celana dalam dan menjaga kebersihan alat kelamin biasanya dapat timbul jamur efek lembab yang membuat gatal, efek garukan dan gesekan celana yang terlalu ketat biasanya membuat iritasi pada kulit skrotum sehingga terasa perih. 

Hal lain yang dapat membuat iritasi dari kulit skrotum adalah infeksi menular seksual. Jika memiliki riwayat kontak seksual beresiko dan berganti pasangan dapat mempermudah transmisi kuman termasuk paparan kuman terhadap kulit skrotum.

Saya sarankan agar mengganti celana jika lembab, hindari memakai celana yang terlalu ketat, jaga kebersihan alat kelamin. Hindari terlalu menggaruk kulit karena memicu skrotum. Jika gatal dapat mengkonsumsi obat antihistamin, namun untuk itu harus berkonsultasi dahulu dengan dokter spesialis kulit, agar tau pasti penyebab kulit skrotum gatal atau akibat penyakit lain. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bintik merah pada kulit bayi tidak hanya muncul karena ruam popok.

Bintik Merah pada Kulit Bayi, Apa Penyebabnya?

Bintik merah pada kulit bayi tak hanya disebabkan oleh ruam popok. Pemberian jenis makanan baru pada bayi juga dapat menyebabkan bintik merah pada kulit bayi karena dapat meningkatkan frekuensi buang air besar.