Skrining janin di usia kehamilan 10 minggu

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Pagi dokter, mau bertanya. Saya sedang hamil muda dengan usia kehamilan 8 minggu. Terakhir cek, dokter menawarkan skrining janin 10 minggu. Apakah penting saya melakukan skrining dok?Mohon petunjuknya. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Skrining kehamilan merupakan serangkaian cek yang di lakukan saat hamil untuk menentukan apakah bayi cenderung memiliki kelainan genetik atau cacat tertentu. Skrining kehamilan ini bukan merupakan tindakan tes wajib yang harus dilakukan. Banyak orang mungkin hanya mengenal tes USG untuk memantau perkembangan janin.

Padahal selain USG ada beberapa tes / skrining lain yang bisa dilakukan saat hamil, diantaranya :

  • Sindroma down akibat ekstra kromosom 21
  • Kelainan jantung
  • Cacat dinding abdomen yang menyebabkan organ perut keluar
  • Retardasi mental kelainan pada trisomi 18 dan 13
  • Gangguan penutupan tulang belakang kepala yang menyebabkan terbentuknya tonjolan tulang belakang sehingga janin tidak memiliki kepala dan jaringan otak

Skrining yang pada umumnya dilakukan 10 minggu ini tidak bisa dikatakan akurat 100%. Skrining ini difungsikan untuk mempersiapkan diri khususnya orangtua untuk menghadapi proses persalinan, mempersiapkan merawat bayi, dan layanan psikologis bagi orang tua dan keluarganya. Jangan ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut terkait skrining kehamilan di dokter kandungan.

Semoga bermafaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Masa subur setelah melahirkan pada wanita terjadi pada hari ke-74 usai melahirkan.

Secepat Apa Seorang Ibu Bisa Hamil Lagi Setelah Melahirkan?

Masa subur setelah melahirkan wanita pada hari ke-74 usai melahirkan. Hal ini tergantung dari gaya hidup, kesehatan, stres, diet, dan kontrasepsi yang digunakan.