29 May 2021, 13:48Infeksi

Skrining covid antibodi beberapa waktu lalu Reaktif apakah boleh vaksin?

M4
Info Penanya: M4, Pria0
Dok, pada tanggal 7/5/2021 lalu saya sakit maag, alhasil saya ke dokter dan karena saturasi saya 93 dokter melakukan tes skrining menggunakan antibodi hasilnya C saya Strip 1, igG saya Strip 1, dan IgM tidak ada Strip (hanya ada darah). Kata dokter umum saya Reaktif, saya sudah pernah terpapar tanpa gejala, dan tubuh saya sudah punya imun sendiri karena pernah terpapar. Tapi karena ini hanya skrining dokter menyarankan saya isoman 10 hari dan sudah sy lakukan. Apakah sekarang boleh vaksin dok?
932 Views
3 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat malam M,Rapid antibodi adalah pemeriksaan deteksi dini terhadap adanya antibodi terhadap virus corona. Jika hasilnya reaktif maka artinya Anda terinfeksi virus corona. Terdapat 2 indikator yakni IgM dan IgG. Pada IgM menunjukkan antibodi yak masih aktif atau dapat dikatakan virusnya masih aktif di dalam tubuh, sedangkan IgG menunjukkan antibodi di masa lalu yang menandakan Anda pernah terinfeksi virus corona. Jika hasil rapid Anda IgM non reaktif sedangkan IgG reaktif artinya Anda pernah terinfeksi virus corona namun saat ini sudah tidak berbahaya.Namun pemeriksaan ini perlu dilanjutkan dengan PCR guna memastikannya. Karena Anda boleh vaksin jika sudah 3 bulan dinyatakan negatif dari virus corona atau 3 bulan sejak PCR dinyatakan negatif, bukan berdasarkan hasil rapid antibodinya.

Tetap jaga kesehatan Anda dengan cara:

  • Banyak makan sayur dan buah.
  • Rutin berolahraga.
  • Minum air putih yang banyak.
  • Tidur secara teratur dan tidak bergadang.
  • Gunakan masker jika berpergian.
  • Rutin cuci tangan.
Jika Anda tidak ingin melakukan PCR karena biaya PCR memang mahal, maka setidaknya tunggu 3 bulan sejak hasil pemeriksaan rapid antibodinya. Karena memang tidak bisa diprediksi sejak kapan IgM Anda non reaktif. Lakukan konsultasi dengan dokter penyakit dalam jika ada hal yang Anda ragukan.Salam sehat,dr. Vina
pola hidup sehatcoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil