Sering mendengar suara-suara apa penyebabnya?

AO Info Penanya: AO
Saya dari kelas 5 sd sering mengalami suara"enggak jelas,seperti megang kursi berulang-ulang,itu di dalam hati saya.padahal saya tidak pernah mengalami trauma apapun,saat ini saya sudah kuliah,saya sulit berkonsentrasi,hati dan pikiran tidak bisa singkron pak,saya curiga di dalam syaraf saya,mungkin ada yang mengganggu,sebelumnya terima kasih pak
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AO,

Keluhan sering mendengar suara-suara, melihat bayangan, merasa ada yang membisiki, ataupun gejala lain yang berkaitan dengan panca indera dapat disebut dengan halusinasi. Keluhan ini bisa disebut dengan gangguan psikotik atau gangguan psikosis dimana tidak selalu skizofrenia. Hal ini bisa timbul karena gangguan hormon dalam otak jadi ada baiknya jika keluhan tersebut dirasa mengganggu dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis jiwa. Agar dilakukan analisa dan evaluasi lebih dalam mengenai keluhan yang dialami.

Nantinya jika didapati adanya gangguan tersebut dapat dilakukan penanganan baik dengan konseling, psikoterapi ataupun dengan pemberian obat untuk mengatasinya.

Ada baiknya juga bisa menceritakan pada keluarga dekat agar diantar memeriksakan diri sehingga bisa juga mendapat dukungan orang terdekat untuk bisa mengatasi keluhan yang dialami. Nantinya juga perlu dilakukan pemeriksaan berkala untuk kondisi yang dialami sehignga bisa lebih produktif dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Panic buying di supermarket dapat dipicu oleh penularan emosi seperti virus yang menjalar

Alasan Psikologis Perilaku Panic Buying di Tengah Wabah Corona

Panic buying mencuat di kalangan masyarakat dunia sejak meningkatnya kasus infeksi corona. Perilaku ini juga dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Apa alasan psikologis di balik panic buying?