Skincare dan kosmetik mengandung paraben

SA Info Penanya: SA, Pria, 2019 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya...Kenapa Bpom mengizin edarkan hampir semua merk skincare dan kosmetik yang mengandung paraben, SLS/SLES yang katanya bisa sebabkan kanker? Sebenarnya itu bahaya atau aman? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SA,

Paraben merupakan pengawet yang digunakan pada industri produk perawatan kulit atau kecantikan. Paraben sendiri dapat ditulis dengan beberapa nama dalam komposisi produk perawatan kulit seperti methylparaben, butylparaben, ethylparaben dan lainnya. Penggunaan paraben dan produk lain pastinya memiliki risiko kesehatan seperti:

  • Reaksi alergi
  • Ruam kemerahan
  • Kulit bersisik
  • Kulit menjadi bengkak
  • Iritasi pada kulit sampai bisa seperti melepuh

Untuk bahaya pencetus kanker sendiri hingga saat ini paraben belum bisa dipastikan sebagai penyebab pasti timbulnya kanker dimana paraben sendiri akan dimetabolisme tubuh dan tidak mengendap sehingga tidak bisa dipastikan menimbulkan kanker.

BPOM sendiri menerbitkan izin apabila produk-produk tersebut menggunakan paraben dibawah batas yang telah ditentukan. Jika memang ragu dapat menghindari penggunaan produk perawatan yang mengandung paraben untuk memastikan keamanannya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat tea tree oil beragam, mulai dari perawatan kulit sampai menjadi pembasmi serangga

Mulai dari Kulit Sampai Deodoran, Ini 16 Manfaat Tea Tree Oil

Manfaat tea tree oil yang umum diketahui orang-orang adalah untuk perawatan kulit. Namun tak hanya untuk kulit, tea tree oil juga bisa menjadi deodoran alami, pembasmi serangga, mengatasi ketombe, dan sebagainya.