Skin care apa yang aman untuk ibu hamil ?

I Info Penanya: I
Dok, saya hamil 4 bln. Dan saya bingung milih skincare. Skincare saya blum ada bpom nya dan warna krim paginya itu pink sedangkan krim mlmnya putih susu dan tidak lengket. Kira² aman gak ya dok? Soalnya saya gak tau kandungannya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi I,

Kehamilan merupakan hal yang sangat didambakan setiap pasangan yang baru menikah ataupun pasangan yang ingin menambah jumlah anak. Sehingga bila Anda sudah hamil, tentunya perlu menjaga kehamilan tersebut dan memperhatikan pantangan-pantangan yang sebaiknya dihindari ibu hamil.

Perihal skin care sendiri, sebaiknya ibu hamil menghindari pemakaian skin care yang mengandung retinoid, Beta hidroxy acid (BHA), Hydroquinone, tretinoin, dll terlebih bila skin care Anda tidak dilengkapi oleh nomer dari BPOM, dan dijual secara bebas. Produk yang dijual bebas memang menjanjikan perubahan pada kulit secara cepat namun memiliki kandungan bahan kimia yang sangat berbahaya bagi kulit dan tubuh terutama ketika Anda sedang hamil.

Sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter kulit untuk pemilihan produk kecantikan yang lebih sesuai untuk ibu hamil. Anda juga bisa menggunakan tabir surya dengan kandungan titanium dioxide atau zinc oxide yang lebih ringan atau menggunakan topi/ payung ketika harus beraktivitas di luar ruangan dibawah terik matahari.

Selain merawat kulit dari luar, Anda juga perlu merawat kulit dari dalam dengan cara perbanyak konsumsi sayur dan buah, dan minum air putih minimal 2 liter per hari. Serta tidak lupa untuk selalu mencuci muka dan olahraga secara teratur.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Siku hitam terjadi akibat penumpukan sel kulit mati

Siku Hitam Bikin Harimu Kelam? Intip 8 Cara Mencerahkannya

Siku hitam akibat penumpukan kulit mati memang mengganggu penampilan. Namun Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan bahan alami yang ada di rumah, seperti lidah buaya, kunyit, dan kentang.