Sistem kekebalan tubuh, apakah dapat diturunkan dengan obat?

Z Info Penanya: Z, Wanita, 18 Tahun
dok, memangnya ada ya obat yang dapat menurunkan daya tahan tubuh? Lalu berapa lama hingga daya tahan tubuh dapat kembali normal?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, Z.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Daya tahan tubuh adalah kemampuan tubuh untuk bertahan dan menghadapi segala bentuk ancaman yang dapat merusak atau merugikan tubuh. Umumnya seseorang terlahir dengan daya tahan tubuh yang sesuai dengan fungsinya yaitu menetralisir segala sesuatu yang dapat berdampak buruk pada tubuh. Namun pada keadaan tertentu, terjadi hiperreaktivitas dari sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan kekebalan tubuh justru menyerang sel-sel sehat yang berada di dalam tubuh seperti pada kondisi penyakit autoimun atau kondisi yang terjadi pada transplantasi organ yang menyerang sel yang dianggap benda asing oleh tubuh. 

Walaupun penyebab pasti dari keadaan ini belum diketahui secara pasti. Namun salah satu cara penanganan yang dipercaya efektif dalam kondisi-kondisi medis tersebut adalah menurunkan daya tahan tubuh yang hiperreaktif agar sistem kekebalan tubuh dapat membedakan sel baik dan sel jahat di dalam tubuh. Atau dengan kata lain, menekan respon dari sistem kekebalan tubuh yang berlebihan.

Upaya penurunan daya tahan tubuh salah satunya dilakukan dengan pemberian obat anti radang jenis kortikosteroid. Kortikosteroid mengandung hormon steroid yang salah satu fungsinya dapat menekan kerja sistem kekebalan tubuh yang berlebihan. Obat ini harus diberikan dengan resep dan dibawah pengawasan dokter karena termasuk kepada golongan obat keras. Apabila digunakan dengan dosis yang tidak sesuai dapat mengakibatkan efek samping yang tidak diinginkan. Dosis dan lama penggunaannya pun disesuaikan dengan jenis kondisi medis yang dialami.

Beberapa kondisi medis yang mengakibatkan hiperreaktivitas sistem kekebalan tubuh antara lain :

Mengenai pertanyaan Anda tentang berapa lama hingga daya tahan tubuh dapat kembali normal tergantung kepada kondisi medis yang dialami, sehingga dibutuhkan pengobatan dalam jangka lama ataupun menengah. Beberapa obat penekan sistem kekebalan tubuh, bersifat membantu menghambat perkembangan penyakit dan memelihara fungsi organ tubuh karena sebagian besar dari penyakit autoimun belum dapat disembuhkan.

Apabila Anda masih ragu, Anda dapat berkonsultasi secara langsung kepada dokter spesialis yang terkait dengan kondisi medis yang diderita.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jangan sepelekan tulang belakang yang sakit karena bisa jadi gejala sklerosis ganda

Tulang Belakang Sakit, Salah Satu Gejala Multiple Sclerosis

Tulang belakang sakit adalah keluhan yang dianggap muncul karena kelelahan. Namun, tulang belakang sakit bisa jadi indikasi dari multiple sclerosis yang merupakan penyakit autoimun yang sulit untuk ditangani.