Sistem imun lemah karena keturunan dan sering sakit hampir setiap hari

DG Info Penanya: DG, Pria
Saya sistem imun nya lemah karena gen,dan sering sakit hampir setiap hari,apakah saya harua bergantung dengn obat imunus terus,sedangkan efeknya hanya sementara,ada saran?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, DG

Sistem kekebalan tubuh adalah suatu kumpulan fungsi tubuh yang bekerja secara sistematis sehingga memerlukan keseimbangan yang harmonis. Penelitian masih terus dilakukan untuk melihat efek dari perubahan diet, olahraga, usia, stres dan faktor lainnya terhadap respon kekebalan tubuh.

Cara yang paling utama adalah dengan menjalani hidup sehat seperti tidak merokok, banyak makan buah dan sayuran, olahraga teratur, mempertahankan berat badan ideal, membatasi alkohol, tidur yang cukup, mengurangi stres dan melakukan tindakan mencegah infeksi seperti sering mencuci tangan dan memasak daging sampai matang.

Banyak produk di pasaran yang mengatakan dapat meningkatkan kekebalan tubuh, namun secara ilmu pengetahuan belum ada yang terbukti. Misalnya atlit ada yang menggunakan doping darah dengan menambah jumlah darah ke dalam tubuh untuk meningkatkan jumlah sel darah dan performa sebagai atlet. Namun dalam waktu bersamaan meningkatkan risiko terkena stroke.

Ada beberapa bukti bahwa kekurangan nutrisi mengakibatkan rentan terhadap infeksi. Nutrisi yang dimaksud adalah zinc, selenium, zat besi, asam folat, vitamin A, B6, C dan E. Banyak nutrisi tersebut yang terkandung dalam suplemen yang dijual di pasaran. Namun nutrisi tersebut banyak terkandung dalam sayuran. Dan nutrisi hanya dibutuhkan dalam jumlah tertentu, pemberian secara berlebihan tidak memberikan manfaat yang bermakna.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menjaga kebersihan diri dapat dilakukan dengan mandi setidaknya dua kali sehari

3 Langkah Menjaga Kebersihan Diri agar Terhindar dari Penyakit

Menjaga kebersihan harus dimulai dari diri sendiri, terutama dengan mandi, mencuci tangan, dan menggosok gigi. Apa manfaat menjaga kebersihan? Berikut penjelasannya.