Sisa keguguran dan kista ovarium 0,2cm

M Info Penanya: M, Wanita, 20 Tahun
hallo dokter saya ingin bertanya dulu 2 tahunbyg lalu saya keguguran setelah itu saya tidak cek2 ke dokter lagi setelah beberapa bulan yang lalu saya cek ternyata masih ada sisa dan ada kista ovarium sebesar 0.2 cm. pertanyaannya adakah obat untuk membersihkannya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam V

Adanya sisa konsepsi pasca keguguran bisa saja jika saat terjadi keguguran tidak dilakukan kuretase. Untuk membersihkan sisa keguguran yang paling tepat adalah melakukan kuretase dengan dokter spesialis kandunga (Sp.OG). 

Sementara itu untuk kista ovarium yang berukuran kecil 0,2cm biasanya merupakan kista fungsional yang dapat dipengaruhi perubahan hormonal saat menstruasi pada wanita. Biasanya dengan melakukan pola hidup sehat dan perubahan hormonal kista fungsional tersebut dapat hilang dengan sendirinya. Namun jika kista ovarium semakin membesar dan membuat nyeri maka tatalaksana yang biasanya dilakukan adalah secara operatif.

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kram parah, demam, dan perdarahan merupakan tanda-tanda keguguran.

Tanda-tanda dan Penyebab Keguguran

Keguguran merupakan hilangnya janin sebelum kehamilan memasuki minggu ke-20. Kram parah, sakit perut, demam, sakit punggung, dan perdarahan ringan hingga banyak merupakan tanda-tanda keguguran.