Sisa keguguran dan kista ovarium 0,2cm

M Info Penanya: M, Wanita, 20 Tahun
hallo dokter saya ingin bertanya dulu 2 tahunbyg lalu saya keguguran setelah itu saya tidak cek2 ke dokter lagi setelah beberapa bulan yang lalu saya cek ternyata masih ada sisa dan ada kista ovarium sebesar 0.2 cm. pertanyaannya adakah obat untuk membersihkannya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam V

Adanya sisa konsepsi pasca keguguran bisa saja jika saat terjadi keguguran tidak dilakukan kuretase. Untuk membersihkan sisa keguguran yang paling tepat adalah melakukan kuretase dengan dokter spesialis kandunga (Sp.OG). 

Sementara itu untuk kista ovarium yang berukuran kecil 0,2cm biasanya merupakan kista fungsional yang dapat dipengaruhi perubahan hormonal saat menstruasi pada wanita. Biasanya dengan melakukan pola hidup sehat dan perubahan hormonal kista fungsional tersebut dapat hilang dengan sendirinya. Namun jika kista ovarium semakin membesar dan membuat nyeri maka tatalaksana yang biasanya dilakukan adalah secara operatif.

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

PCOS (polycystic ovarian syndrome) adalah salah satu penyebab gangguan kesuburan pada wanita

Sulit Hamil? Mungkin Anda Memiliki Risiko Infertilitas Ini

Perempuan dianggap mengalami infertilitas apabila tidak hamil saat sudah mencoba hamil dalam kurun satu tahun. Penyebab infertilitas pada perempuan cukup beragam, misalnya infeksi saluran reproduksi dan PCOS (polycystic ovarian syndrome). Kenali faktor risiko infertilitas untuk meminimalisir terjadinya infertilitas.