25 Dec 2020, 15:58Kulit & Kelamin

Bagaimana cara mengobati penyakit sifilis ?

FS
Info Penanya: FS0
Dok mau tanyak obat siplis apa ya dok ? Apakah penisilin bisa untuk mengobati siplis? Dan berapa lama sembuhnya dok.
178 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, FS.Sifilis merupakan salah satu penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual dengan banyak pasangan tanpa menggunakan konsom baik wanita maupun prianya. Hubungan seksual yang dilakukan oleh laki-laki bersama serang pekerja seks komersial (PSK) dapat menyebabkan fenomena pingpong (pingpong phenomenon) dimana PSK atau laki-laki tersebut terinfeksi sifilis, kemudian menularkan lagi ke banyak orang. Pengobatan yang tidak diatasi dengan baik bagi penderita maupun pasanganya akan menyebabkan infeksi ini terus berputar dan bertambah banyak.

Apa penyebab dan gejala penyakit sifilis ?

Sifilis disebakan oleh bakteri Treponema pallidum yang memberikan gambaran awal gejala sifilis primer yaitu nyeri saat berkemih, terdapat luka terbuka pada organ intim, dapat menimbulkan perdarahan saat berhubungan seksual. Luka pada organ intim ini dapat menyebabkan bakteri masuk dan menginfeksi organ tubuh lain. Saat bakteri masuk ke tubuh, maka tubuh akan terasa lemas, nyeri di badan dan otot serta demam ringan. Keadaan dimana bakteri Treponema pallidum menginfeksi tubuh ini disebut dengan gejala sifilis sekunder.Setelah terjadi gejala sifilis sekunder maka bakteri akan masuk ke gejala sifilis laten dimana penderita tidak merasakan gejala apa-apa namun masih dapat menularkan ke orang lain. Jika sifilis laten ini tidak diobati dengan segera, maka akan terjadi gejala terberat dari sifilis yaitu sifilis tersier yang menyerang organ penting tubuh seperti otak, jantung, tulang, dan hati yang dapat mengancam nyawa penderitanya.

Bagaimana cara mengobati penyakit sifilis ?

Cara mengobati penyakit sifilis yaitu saat penderita penyakit sifilis sedang memasuki gejala sifilis primer dan sekunder melalui pemberian suntikan antibiotik sesuai penyebab dan harus melalui pemeriksaan serta pemberian resep dari dokter. Pemberian suntikan antibiotik ini juga selama kurang lebih 14 hari agar bakteri tidak masuk dan menyerang organ tubuh yang lain. Pengobatan yang tidak tuntas dan asal-asalan, menyebabkan bakteri tambah kebal dengan pemberian antibiotik, sehingga pemberian antibiotik dikemudian hari menjadi sia-sia.Untuk itu, Jika Anda menderita penyakit sifilis, jangan malu dan takut untuk berobat. Ajak pasangan Anda ikut serta dalam pengobatan. Hindari hubungan seksual dengan PSK. Gunakan selalu kondom selama Anda ingin berhubungan seksual namun masih ada penyakit sifilis di dalam tubuh Anda. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan organ intim.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
penyakit menular seksualgonorrheasifilis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil