Kenapa nyeri setelah operasi sinusitis?

RR Info Penanya: RR, Wanita, 17 Tahun
3 taun yang lalu saya pernah operasi sinusitis 2 kali dalam setahun sampai sekarang kenapa tulang hidung nyeri kalau ada suara berisik dok tulang sya memang bengkok jdi apa sya harus operasi lagi trimaksih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RR,

Sinusitis adalah peradangan atau infeksi yang terjadi di dalam rongga sinus yang letaknya ada di kedua pipi dekat hidung, dan di dahi serta di puncak hidung. Karena letaknya tersebut maka akan menimbulkan keluhan berupa nyeri di sekitar pipi, dahi dan mata tergantung rongga sinus mana yang mengalami peradangan. Selain itu sering menimbulkan keluhan pilek, ingus yang berbau busuk, pusing, hingga gangguan pendengaran.

Penanganan sinusitis sendiri untuk tahap awal biasanya berupa pemberian obat-obatan, dan selanjutnya irigasi atau pembilasan hidung. Bila tidak ada perubahan atau perbaikan maka dokter akan melakukan operasi untuk memperbaiki aliran rongga sinus.

Perihal rasa nyeri yang Anda rasakan ketika ada suara yang kencang atau berisik, kemungkinan bisa disebabkan adanya gangguan di telinga, atau masalah psikologis dimana tidak bisa atau tidak nyaman bila mendengar suara yang terlalu berisik. Atau adanya posisi tulang hidung yang bengkok akan menyebabkan sering pilek dan muncul pusing serta nyeri disaat yang bersamaan.

Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter THT untuk memastikan kondisi Anda. Mungkin dokter akan menyarankan pemeriksaan lebih lanjut seperti foto rontgen, pemeriksaan darah atau pemeriksaan lainnya karena bisa saja ada masalah lain di hidung Anda seperti polip hidung.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebelum melakukan proses cabut gigi bungsu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi Anda

Lakukan Persiapan Sebelum Menjalani Operasi Gigi Bungsu

Gigi geraham bungsu (wisdom tooth) adalah gigi geraham terakhir yang tumbuh di belakang gusi dan menimbulkan rasa sakit pada gusi. Operasi gigi bungsu lebih kompleks ketimbang cabut gigi biasa. Persiapan medis hingga biaya operasi gigi bungsu penting untuk diketahui.