30 Jun 2021, 17:32Pernapasan

Bagaimana mengobati pilek dan linu persendian?

EP
Info Penanya: EP0
Bersin-bersin,hidung panas/pedih,mampet dan disertai demam,dada terasa panas. Setelah mengkonsumsi rhinos SR bersin2 hilang hidung plong,tapi mulut terasa kering,demam dan hidung kadang2 mampet lagi disertai linu dipersendian. Apa yang harus dilakukan agar kondisinya membaik? Apakah obat rhinos SR bisa dikonsumsi dengan Paracetamol dan amoxillin?
123 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,Keluhan demam, dada terasa panas, mulut terasa kering, bersin-bersin, hidung panas, perih, dan tersumbat, dapat disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri. Untuk menangani keluhan demam Anda dapat mengkonsumsi paracetamol 3 sehari sebanyak 1 tablet setelah makan sedangkan untuk keluhan flu dapat menggunakan rhinos 2x sehari sebanyak 1 tablet setelah makan.

Penggunaan obat untuk pilek

Rhinos memiliki kandungan peudoefedrine HCl dan loratadine yang memang dapat digunakan untuk meredakan keluhan infeksi saluran pernapasan. Konsumsi obat ini boleh saja bersamaan atau digabung dengan paracetamol. Disisi lain obat amoxicillin adalah antibiotik sehingga penggunaannya hanya boleh dilakukan jika memang terdapat infeksi bakteri.Penggunaan obat antibiotik sebaiknya tidak dilakukan dengan sembarangan dan harus melalui konsultasi dokter terlebih dahulu. Namun jika sudah terlanjur dikonsumsi, obat antibiotik harus dikonsumsi selama 5 hari meskipun keluhan sudah sembuh. Perlu diingat antibiotik dan paracetamol sama-sama memiliki efek meningkatkan asam lambung sehingga sebaiknya dikonsumsi setelah makan. Selain itu, karena sedang dalam kondisi pandemi covid, pastikan penyebab keluhan Anda dengan melakukan pemeriksaan antigen atau PCR ya.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
infeksi bakteriinfeksi saluran pernapasaninfeksi virus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil