Apakah sinus takikardi berbahaya?

FA Info Penanya: FA, Pria, 20 Tahun
Dok saya sebelumnya saya pernah mcu jantung dok untuk persiapan tes ikatan dinas, yang dimana pada saat itu hasil mcu nya menunjukan detak jantung saya menunjukan irama sinus takikardi detak jantung 143 bpm , lalu dibawahnya juga tertulis marked left axis deviation , lalu 1 bulan kemudian saya melakukan mcu kembali dengan hasil mcu tetap menunjukan irama sinus takikardi dengan detak jantung 107 bpm dan dibawahnya righward axis , yang ingin saya tanyakan apakah hal tersebut dapat diobati ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, F.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Takikardia atau takikardi merupakan kondisi dimana jantung berdetak lebih dari normal yaitu lebih dari 100x/menit. Normalnya, jantung berdenyut 60-100x/menit. Tanda-tanda dari takikardia yaitu pusing, sesak napas, nyeri dada, dan jantung yang berdebar. 

Jenis-jenis takikardia

Ada beberapa jenis takikardia yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Supraventrikular: gangguan sinyal elektrik pada ruang atas jantung.
  • Ventrikuler: gangguan sinyal elektrik pada ruang bawah jantung.
  • Sinus takikardia: gangguan sinyal elektrik dari nodus SA (buntalan saraf yang mengatur irama jantung).
  • Fibrilasi atrial: sinyal elektrik yang tidak beraturan di atrium.
  • Atrial flutter: hampir sama penyebabnya dengan fibrilasi atrial. 

Terkait dengan kondisi Anda ini, penyebab sinus takikardia yang Anda alami bisa karena olahraga yang berlebihan, merasa takut dan stres, cemas, anemia, demam, dan akibat konsumsi obat-obatan tertentu. 

Kondisi ini bukan merupakan kondisi yang berbahaya karena dapat diatasi. Untuk menagatasinya, dokter akan memberikan obat-obatan dan mengubah gaya hidup seperti menyarankan untuk makan makanan yang bergizi, menghindari makanan yang berlemak tinggi, mengurangi stres dan cemas, olahraga yang teratur seperti jogging atau jalan pagi, dan istirahat cukup. 

Untuk itu, saya sarankan Anda melakukan kontrol rutin ke dokter jantung agar kondisi Anda ini dapat diatasi dengan cepat dan tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Angina pectoris adalah kondisi medis yang ditandai oleh nyeri atau rasa tidak nyaman di dada

Angina Pectoris Adalah Kondisi Medis yang Tak Boleh Diabaikan, Apa Saja Gejalanya?

Angina pectoris adalah kondisi medis yang ditandai dengan nyeri atau rasa tak nyaman pada dada dalam waktu singkat. Terdapat beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini.