17 Dec 2020, 06:47Pernapasan

Bagaimana mengatasi pilek yang menahun?

FH
Info Penanya: FH0
Saya mau bertanya dok, saya sudah pilek lebih dari 3 tahun blkngan ini, mlam hidup tersumbat, seperti gejala sinus, tetapi dia dtng jika terkena dingin atau angin saja dok, solusi untuk saya apa ya dok?, soal nya sulit tidur karna sulit bernafas saat mlam hari
580 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, FHTerima kasih atas pertanyaannya.Hidung tersumbat, pilek, batuk, bersin-bersin merupakan gejala flu yang sering terjadi.  Umumnya setelah 2 minggu gejala ini akan menghilang dengan sendirinya.  Namun jika pilek sudah menetap lebih dari 2 minggu hingga tahunan dapat disebabkan oleh beberapa hal.

Penyebab pilek menahun :

  • Reaksi alergi
    Alergi akibat udara dingin, serbuk bunga, debu, ataupun bulu hewan dapat menyebabkan pilek menahun yang tidak sembuh. Kondisi ini sering terjadi hanya saat terpajan alergen.
  • Sinusitis
    Adanya peradangan pada rongga sinus dapat menyebabkan pilek terus menerus. Rongga sinus terdapat di pipi, hidung serta bagian atas mata.  Peradangan bisa terjadi karena adanya sumbatan pada rongga tersebut sehingga bakteri tumbuh dan menyebabkan infeksi.  Keluhan akan disertai mencium bau busuk, lendir yang kental dan kekuningan, serta nyeri pada bagian bawah mata dekat hidung.
  • Polip hidung
    Adanya selaput hidung yang membesar sehingga dapat menyumbat saluran hidung menimbulkan keluhan hidung tersumbat, gangguan penciuman, serta hidung meler terus menerus.
Ketika pilek anda yang tidak sembuh dan sudah menahun tidak ada salahnya periksa ke dokter spesialis THT guna melihat apakah karena alergi atau penyakit lainnya.

Tips untuk meredakan pilek terus-menerus :

  • Hindari alergen, misal karena dingin maka gunakan pakaian yang lebih tebal, beri minyak kayu putih atau balsam agar lebih hangat.
  • Perbanyak minum air putih hangat.
  • Konsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah
  • Usahakan sirkulasi udara kamar baik sehingga kamar tidak terlalu lembab.
Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
polip hidungsinusitis kronisrhinitis non-alergirhinitis alergi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil