06 Dec 2020, 15:52Pernapasan

Penyebab hidung mampet dan lendir di tenggorokan

F
Info Penanya: F0
Assalamualaikum dok, hidung saya sudah lama mampet dan ahir ahir ini tenggorokan, kayak ada lendir, kira kira penyakit apa ya dok,Mohon bantuannya, terimakasih
917 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Waalaikumussallam wr wb F.Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Seluruh tubuh kita merupakan suatu kumpulan mekanisme yang dapat berjuang melawan virus, bakteri, trauma agar tidak merusak dan menginfeksi tubuh. Salah satunya jalur pernafasan yang merupakan sumber infeksi tersering karena kondisi hidung yang terbuka memiliki penyaring berupa rambut-rambut halus, namun jika bakteri dan virus masih bisa masuk, maka tubuh akan mengeluarkannya dengan membentuk lendir yang akan dikeluarkan bersama batuk. Lendir yang diprosuksi terlalu banyak, membuat rasa tidak nyaman, gatal, dan perih di tenggorokan.

Penyebab hidung mampet dan lendir di tenggorokan

Penyebab hidung mampet dan lendir di tenggorokan antara lain :
  • Infeksi saluran nafas bagian atas karena virus influeza yang dapat memberikan gejala berupa hidung mampet dan berair, tenngorokan terasa gatal, dan berlendir, batuk, nyeri kepala, serta demam ringan. Infeksi ini biasanya ditularkan melalui percikan liur dan dahak saat penderita bersin dan batuk. Jika mengalami infeksi saluraan nafas atas, maka istirahat yang cukup, hindari kontak dekat dengan orang lain, selalu gunakan masker di rumah atau di luar rumah, konsumsi makanan bergizi, dan minum yang cukup agar virus dapat dilawan dengan imun tubuh yang baik.
  • Rhinitis alergi dapat dialami jika seseorang mmepunyai riwayat alergi sebelumnya yairu alergi debu, alergi udara, alergi obat, alergi terkena bulu binatang dll yang akan memberikan gambaran batuk, bersin secara terus menerus, hidung mampet, dan berair berwarna bening, mata memerah dan gatal, ini terjadi paling sering di pagi hari dengan cuaca yang dingin. Gejala akan membeaik dengan sendirinya jika hari sudah semakin siang dan hangat. Cara penatalksanaannya yaitu penderita harus menghindari semua pencetus yang membuat dirinya alergi, misalnya menggunakan baju yang lebi hangat di pagi hari, mematikan AC menjelang subuh, minum segelas air hangat. Jika keluhan tidak membaik, maka dokter akan memberikan obat anti alergi sesuai dosis.
  • Hidung mampet dan lendiri di tenggorokan dapat juga disebabkan oleh infeksi saluran nafas bawah seperti TBC paru yang memberikan gejala batuk berdahak dalm waktu yang lama yaitu lebih dari 2 minggu, dapat disertakan darah berwana merah segar, lemas dan lesu pada badan, BB menjadi menurun, kehilangan nafsu makan, dan keringat dingin di malam hari. Penatalaksnaannya menggunakan OAT selama 6 bulan.
Di cuaca yang sedang masuk musim penghujan, maka penyebaran virus dan bakter bisa menjadi lebih baik. Imun tubuh yang tidak optimal, ditambah kesadaran yang rendah untuk memakai masker dan mencuci tangan, dapat menambah besar peluang penularan. Untuk itu selalu terapkan pola hidup sehat dari diri sendiri dan keluarga, agar terlindung dari penyakit. Jika keluhan bertambah berat dan disertai demam, sesak nafas, kehilangan penciuman, segera ke dokter untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
infeksi virussesak napasinfluenza
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil