Sindrom

SN Info Penanya: SN, Wanita, 16 Tahun
Dok, jadi begini saya kalau menhafal angka mudah sekali mengahafal nya sedangkan menghafal kata atau kalimat susah sekali dan ketika saya hafal maka kalimat tersebut mudah saya lupakan. Saya sangat menguasai pelajaran matematika karena banyak angka sementara pelajaran seperti biologi yang penuh kata dan kalimat saya sangat lemot. Apakah saya mengidap suatu penyakit atau sindrom, Dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SN,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Dalam istilah medis ada istilah yang di sebut dengan Disleksia merupakan gangguan yang terjadi dalam proses belajar. Kondisi ini ditandai dengan kesulitan membaca, menulis, serta mengeja. Disleksia terjadi karena adanya gangguan saraf pada bagian otak yang memproses bahasa.

Meski terkait dengan gangguan dan kesulitan dalam belajar, namun disleksia sama sekali tidak memengaruhi tingkat kecerdasan pengidapnya. Disebabkan kemungkinan karena faktor genetik. Bisa jadi dalam satu keluarga ada lebih dari satu orang yang mengalami gangguan ini.

Beberapa gejala yang mucul pada disleksia :

  • Sulit membaca
  • Sulit menghafal
  • Tidak bisa memecahkan soal matematika
  • Sulit membuat ringkasan
  • Mudah stress dan tidak percaya diri

Berdasarkan dari keterangan yang Anda sebutkan kemungkinan Anda masih normal, mungkin ada beberapa gejala yang muncul, namun jika Anda masih merasa khawatir Anda bisa berkonsultas lebih lanjut ke psikolog atau psikiater untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Untuk mengurangi risiko rewelnya Si Kecil saat naik pesawat, pilihlah jam penerbangan di pagi hari.

Perhatikan Hal Berikut Ini Saat Mengajak Bayi Naik Pesawat

Membawa bayi berpergian naik pesawat memang membutuhkan persiapan ekstra. Kekhawatiran bayi akan rewel, membuat Anda perlu memperhatikan posisi kursi pesawat, hingga isi tas bawaan Anda.