14 Jul 2020, 13:29Penyakit Lainnya

Apakah sindrom nefrotik berhubungan dengan batu ginjal?

SU
Info Penanya: SU, Pria, 33 Tahun
Selamat siang dok,sya mau tanya.Dok sebelumnya istri sya menderita sindrom neofrotik yg menyebabkan pebengkakan pda kaki dan mata,Hasil diagnosa pertama istri sya menderita sindrom neofrotik (bocor ginjal)Dan masih dalam perawatan Dr (berobat jalan)Nah tidak lama ini istri sya mengeluhkan sakiy dibagian pinggang sampi menyebabkan demam,Hasil USG Dr UROLOGI disebabkan adanya batu ginjal.Nah yg sya mau pertanyakan apakah sindrom neofrotik itu disebabkan adanya batu ginjal pda istri sya ?
4257 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, SU.Sindrom nefrotik adalah gangguan pada ginjal yang ditandai oleh beberapa gejala, yaitu tingginya albumin urine, rendahnya albumin darah, tingginya kolesterol pada darah, dan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. Pembengkakan tersebut biasanya dialami di wajah, tangan, serta kaki.Dalam kondisi normal, cairan yang masuk ke dalam tubuh akan disaring terlebih dahulu, sehingga zat-zat yang dibutuhkan tubuh dapat diserap kembali oleh ginjal. Tetapi, apabila ada penyakit tertentu (baik penyakit ginjal ataupun organ lain) yang mengganggu proses penyaringan tersebut, sindrom nefrotik ini mungkin saja terjadi.

Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan sindrom nefrotik adalah:

  • Nefropati diabetikum, yaitu fungsi ginjal yang menurun karena pengaruh penyakit diabetes
  • Nefropati membranosa, yaitu penebalan glomerulus (bagian ginjal) 
  • Focal segmental glomerulosclerosis, yaitu pembentukan jaringan parut pada glomerulus
  • Lupus eritematosus sistemik
Sedangkan batu ginjal adalah kondisi ketika ada mineral atau zat lainnya yang mengendap pada ginjal, dan mengeras sampai teksturnya menyerupai batu. Hal ini akan menyebabkan gejala-gejala seperti nyeri kolik pada pinggang atau perut, gangguan berkemih, ataupun sampai disertai mual dan muntah.Terkait pertanyaan Anda, ada kemungkinan batu ginjal bisa menyebabkan sindrom nefrotik melalui mekanisme yang panjang. Batu ginjal dapat berkomplikasi menjadi hidronefrosis (penumpukan cairan di ginjal), yang akhirnya menyebabkan glomerulonefritis (infeksi ginjal). Setelah itu, glomerulonefritis dapat memicu glomerulosklerosis, yang pada akhirnya menyebabkan sindrom nefrotik.Tetapi, ada juga kemungkinan bahwa batu ginjal dan sindrom nefrotik adalah dua penyakit yang kebetulan dialami bersamaan oleh istri Anda, dan tidak ada hubungannya satu sama lain. Untuk memastikan apakah ada hubungan atau tidak, perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti laboratorium urine rutin, albumin, sampai USG ginjal. Jadi, berkonsultasilah tentang hal ini kepada dokter spesialis urologi Anda, sekaligus untuk melakukan pengobatan secara teratur ya.  Salam sehat,
dr Sylvia
batu ginjalglomerulonefritissindrom nefrotik
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil