Sindrom lorong karpal, bagaimana mengatasinya ?

NK Info Penanya: NK, Wanita, 20 Tahun
Selama pagi dok, Jadi saya sekitar 10 hari yang lalu mengalami gejala DB, dan saya merasa nyeri pada otot" kaki saya lalu saya baca di internet katanya itu memang gajala DB, namun saya tidak berobat, saya hanya menunggu gejala DB yang saya alami sembuh sendiri..Setelah saya sembuh kok saya akhir" ini malah seperti mengalami gejaka sindorm lorong karpal pada jari tangan saya, mohon penjelasannya ya dok dan apa yang harus saya lakukan? apakah bisa sembuh sendiri?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NK.

Sindrom lorong karpal adalah keadaan tertekannya saraf yang menjalar pada lorong yang terletak di pangkal tangan (terowongan karpal). Saraf yang terkena dikenal dengan sebuta saraf medialis yakni saraf yang menjalar dari lengan atas hingga ke telapak tangan melalui pergelangan tangan. Saraf ini menghantarkan sesnsasi pada beberapa jari yaitu ibu jari, telunjuk, jari tengah dan sebagian dari jari manis. Gejala yang dirasakan umumnya berupa rasa nyeri, kesemutan, kelemahan hingga mati rasa atau kebas.

Penyebab dari keadaan Sindrom lorong karpal atau yang dikenal dengan CTS (carpal tunnel syndrome ini umumnya adalah tekanan berlebihan pada pergelangan tangan yang kemudian mengenai saraf medialis. Namun tekanan tersebut dapat terjadi karena berbagai faktor yang terjadi bersamaan, seperti penggunaan tangan yang berlebihan, cedera, dan kondisi medis atau penyakit tertentu.

Mengenai keluahan yang Anda alami, perlu dipastikan terlebih dahulu melalui pemeriksaan khusus oleh ahli untuk mendiagnosis penyakit CTS ini. Pemeriksaan yang dilakukan dokter dapat meliputi pemeriksaan fisik yang mengarah pada ganggguan saraf tersebut, hingga pemeriksaan penunjang jika diperlukan.

Untuk sementara perawatan dan pengobatan yang dapat dilakukan dirumah antara lainnya ialah :

  • perawatan bebat pada malam hari
  • menghindari aktivitas berlebih pada tangan di siang hari
  • menggunakan kompres es batu jika ada pembengkakan pada pergelangan tangan
  • mengonsumsi obat pereda nyeri bergolongan asetaminofen yang dijual bebas di apotek
  • menjalani terapi alternatif seperti yoga

Jika keluhan nyeri memburuk disertai pembengkakan yang signifikan, Anda dapat memeriksakan diri secara langsung ke dokter Spesialis Saraf.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa penyebab vertigo, mulai dari otosklerosis. stroke, hingga migrain

Hati-hati dengan Ragam Penyakit yang Menjadi Penyebab Vertigo Ini

Anda mungkin pernah mengalami vertigo, tapi tidak menyadarinya. Vertigo adalah suatu gejala medis yang membuat Anda merasa adanya pergerakan ruangan di sekitar. Kondisi ini juga seakan-akan membuat Anda merasa bergerak, padahal tidak. Penyebab vertigo sendiri, dapat beragam. Apa saja?