Pasca keseleo dan diurut, siku bengkak dan mengeras, bagaimana solusinya ?

DP Info Penanya: DP, Wanita, 28 Tahun
Malam dok... ank saya jatuh dan sikux keseleo.. awalnya saya bawa ketukang urut katax tdak apa2.. jadi saya trus kompres.. tpi sdh 3 minggu ank saya sdh tdak merasa sakit tpi sikux bengkak seperti tulang yg mengeras.. bagaimana dok saya sangat takut..tolong solusix dok.. trima kasih baxk
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, DPI.

Keseleo merupakan cedera atau peregangan berlebih dari otot atau tendon yang dapat mengakibatkan kerobekan. Tendon adalah jaringan yang menghubungkan otot ke tulang. Adapula yang disebut dengan terkilir, yaitu peregangan atau sobeknya jaringan ligamen yang berfungsi menghubungkan persendian pada dua tulang. 

Mengenai keluhan yang dialami Anak Anda, umumnya lebih cenderung tergolong pada cedera yang berupa terkilir, yaitu sobeknya jaringan ligamen. 

Beberapa gejala yang biasanya timbul diantaranya adalah :

  • memar
  • nyeri di bagian persendian pada area terkilir
  • pembengkakan
  • terbatasnya pergerakan
  • sulit menggerakan sendri

Sedangkan pada keseleo biasanya disertai kram.

Lebih jauh perihal gejala bengkak yang mengeras pada siku anak Anda, dengan adanya riwayat dibawa ke tukang urut, perlu terlebih dahulu dipastikan seberapa kencang proses pengurutan saat itu, karena pada keadaan tertentu, pengurutan dapat justru memperparah robekan pada ligamen yang telah sober atau cedera. Untuk saat ini solusi yang utama tentunya adalah diperiksakan lebih lanjut pada ahlinya yakni dokter Spesialis Ortopedi. Agar penanganan dapat segera dilakukan dengan tepat dan intensif.

Sementara ini kompres es masih dapat dilakukan sebelum diperiksakan ke dokter Ortopedi. Jika kasus robeknya ligamen tersebut telah jatuh pada kondisi yang parah, umumnya diperlukan tindakan operasi untuk menanganinya, maka ada biaiknya untuk segera diperiksakan.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyembuhan ligamen tanpa operasi dapat dilakukan. Namun, sebaiknya mengikuti tiga fase rehabilitasi cedera ligamen

3 Fase Penting dalam Penyembuhan Ligamen tanpa Operasi

Penyembuhan cedera ligamen tanpa operasi dapat dilakukan oleh siapa saja. Namun ada baiknya mengikuti tiga fase rehabilitasi cedera ligamen secara cermat, agar cedera bisa sembuh total.