Terlambat haid setelah ejakulasi di luar, kenapa?

AR Info Penanya: AR
Halo dok, saya mau nanya. Saya punya temen, nah dia itu berhubungan seks, tapi berhubungan nya itu tidak sampai masuk ke dalam vagina perempuan. Itu hanya diluar saja, dan pada saat ejakulasi laki2 nya diluar. nah temen saya yg perempuan ini harusnya dia haid awal bulan biasanya tanggal 6, nah ini sudah melewati batas tanggal nya. Kenapa itu ya dok? Apa itu perubahan siklus menstruasi? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AR.

Ejakulasi adalah proses keluarnya sperma dari penis ketika seorang pria mencapai klimaks. Apabila sel sperma yang dikeluarkan berkualitas, maka bisa membuahi sel telur dan menghamili seorang wanita. Sehingga, pada pasangan yang ingin menunda kehamilan tapi tidak mau menggunakan alat kontrasepsi buatan, dapat dilakukan hubungan seks dengan ejakulasi di luar.

Tapi, metode ini dinilai kurang efektif untuk mencegah kehamilan. Saat ereksi, pria mengeluarkan cairan semen atau cairan pre-ejakulasi yang juga mengandung sperma, walaupun jumlahnya jauh lebih sedikit. Ketika penis yang telah terlubrikasi oleh cairan semen masuk ke vagina, ada kemungkinan kecil sel sperma membuahi sel telur dan menyebabkan kehamilan.

Terkait kondisi yang Anda sampaikan, apabila haid tak kunjung datang sampai satu minggu (13 Mei), sebaiknya lakukan tes kehamilan. Jika hasilnya negatif, Anda bisa meminta teman Anda untuk mengulanginya satu minggu kemudian. Jika masih negatif juga, terlambat haid ini bisa disebabkan oleh hal lain seperti kebiasaan makan yang tidak sehat, PCOS, stres yang berlebihan, maupun gangguan tiroid.

Anda juga bisa mengajak teman Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan USG, sekaligus berkonsultasi terkait pilihan kontrasepsi lainnya selain ejakulasi di luar apabila ingin menunda kehamilan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Wanita dengan disfungsi seksual biasanya mengalami penurunan gairah seksual

Bahaya Disfungsi Seksual pada Wanita dalam Hubungan Intim

Disfungsi seksual tidak hanya terjadi pada pria, tetapi wanita juga mengalaminya. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat memengaruhi kualitas hubungan Anda dan pasangan. Dampak disfungsi seksual pada wanita, antara lain penurunan gairah seksual, sulit terangsang, sulit orgasme, dan nyeri saat berhubungan intim. Untuk mengatasinya, Anda dapat menambah variasi foreplay dan teknik saat melakukan hubungan intim.