siklus mentruasi dan setelah 12 hari keterlambatan hasil testpack masih negatif

FS Info Penanya: FS, Wanita, 2019 Tahun
Halo doc.. saya usia 26 tahun.Menikah baru 4 bulan... 6 bulan terakhir sy sudah rajin mencatat periode menstruasi saya.Saya memiliki sklus haid 28-35 hari.Bulan april saya haid dtgl 15 dibulan mei tgl 15, bulan juni tgl 9 maju 7 hari lalu di bulan Juli ditgl 12..Bulan agustus ini ditgl 24 saya blm haid..Namun setelah 12 haru keterlambatan saya testpack hasil masih negatif.. mohon masukannya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore FS

Siklus ovulasi normal pada wanita berkisar 28-32 hari di hitung dari hari pertama haid terakhir. Jika menstruasi terjadi normal 28 hari, maka fase paling tepat untuk matangnya ovum / sel telur untuk dibuahi sperma adalah dalam rentang waktu hari ke 14 agar terjadi kehamilan. 

Sebaiknya melakukan hubungan paling baik adalah saat ovum matang dalam rentang waktu 14-16 hari dalam siklus haid normal, selain itu sebaiknya sperma laki-laki juga dalam keadaan matang dimana maturasi terjadi sperma baru terjadi pada 72 jam atau 3 hari setelah dikeluarkan. 

Selain itu sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter kandungan Sp.OG karena Ada banyak penyebab gangguan menstruasi pada wanita yang menyebabkan siklus haid tidak normal diantaranya stres, kegemukan, sindrom polikistik, kista ovarium dan gangguan hormonal lain hipotiroid dan hipertiroid. Dengan diketahui penyebab gangguan siklus menstruasi dan tatalaksana yang tepat maka siklus mens dapat teratur sehingga bisa terjadi kehamilan saat berhubungan. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

PMS umumnya ditandai dengan tubuh yang lemas maupun sakit kepala

PMS Ganggu Aktivitas Anda? Begini Cara Mengatasinya

PMS sangat umum diderita oleh wanita 5 hingga 11 hari sebelum menstruasi. Jika PMS sampai mengganggu aktivitas, Anda bisa lakukan beberapa langkah ini untuk mengatasinya.