10 Feb 2020, 11:29Kandungan

Saya tidak mengalami haid sama sekali dan sering keputihan. Bagaimana mengatasinya?

BE
Info Penanya: BE, Wanita, 22 Tahun
permisi dok mau nanya, bulan lalu saya tidak mengalami haid dan bulan ini saya haid tetapi haid saya hanya sehari? terkadang saya juga sering keputihan, itu kenapa dok?
59646 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Karlina Lestari
(0)
Selamat siang,BSaya jelaskan yaBahwa menstruasi adalah kondisi dimana lapisan dinding rahim luruh menjadi darah. Siklus menstruasi terjadi dalam 21-35 hari maksudnya adalah, Anda akan haid setelah 21 – 35 hari dari tanggal haid pertama Anda. Misalnya, Anda haid tanggal 1 Januari maka kemungkinan Anda akan haid kembali pada tanggal 22 Januari atau selambat-lambatnya pada tanggal 4 Februari.Normalnya, menstruasi akan terjadi selama 3-5 hari, dan jumlah darah yang keluar dapat mencapai 30-60 ml atau setara dengan mengganti pembalut 3-6 kali sehari.Berdasarkan pertanyaan Anda, dimana mengalami menstruasi yang tidak teratur, hal ini dapat disebabakn oleh:
  • Penggunaan alat kontrasepsi
  • Kehamilan
  • Stress
  • Pola hidup yang tidak sehat: misalnya obesitas, terlalu kurus
  • Sedang menjalani aktivitas berat
  • Gangguan hormone
  • Adanya gangguan pada hormone tiroid
  • PCOS (sindrom ovarium polikistik) yaitu kondisi dimana adanya kadar hormone testosterone yang tinggi sehingga ada kista dalam indung telur. Hal ini menyebabkan tidak menstruasi sama sekali atau keluarnya darah dalam jumlah yang sangat sedikit.
Untuk memastikan diagnosis, Anda diharapkan ke dokter spesialis kandungan ya, dokter Akan melakukan serangkaian pemeriksaan mulai dari:
  • Wawancara mengenai riwayat penyakit
  • Pemeriksaan fisik
  • Pemeriksaan penunjang seperti USG
Untuk penanganan keputihan Anda, Anda juga dapat berkonsultasi ke dokter ya, penyebab keputihan umumnya adalah:- Pemakaian celana terlalu ketat- Vaginosis bakterialis, terdapat infeksi bakteri pada vagina. Dengan gejala keputihan warna putih keabuan- Jamur (infeksi kandida) dengan gejala keputihan warna putih kekuningan dan gatal pada kemaluan.Tips untuk Anda:-  Kelola stress Anda ya. Jika  memiliki masalah Anda dapat bercerita dengan sahabat atau keluarga terdekat- Menjaga berat badan ideal- Hindari merokok- Lakukan pola hidup sehat seperti konsumsi makanan bergizi, hindari makanan cepat saji dan minum air putih 2L perhari.- Membasuh kelamin dari depan ke belakang setelah buang air kecil dan buang air  besar- Jangan menggunakan celana terlalu ketat Semoga membantu Anda yaSalam Sehat
kesehatan kandungansiklus haidhaidmenstruasistrespenyakit kandungankandidiasis vaginakeputihangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil