Siklus Menstruasi yang Terganggu dan Efeknya Pada Kesuburan

V Info Penanya: V, Wanita, 26 Tahun
Dear dok, saya memiliki masalah dalam siklus menstruasi saya, menstruasi saya sering muncul sebulan dua kali atau bahkan kadang dua bulan sekali baru mengalami menstruasi. Apa yang memengaruhi siklus menstruasi saya dan apakah ada pengaruhnya pada kesuburan rahim saya? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu V,

Menstruasi adalah proses keluarnya seluruh dinding rahim dan sel telur yang tidak dibuahi pada saat tidak terjadi kehamilan. Proses ini terjadi dalam waktu 3 sampai 7 hari. Kemudian terjadi lagi proses pada siklus berikutnya yaitu antara 28 hari sampai 35 hari. Siklus pada setiap wanita berbeda dan tidak selalu persis sama. Untuk seorang wanita kemungkinan ada terjadi gangguan dalam siklus menstruasinya selama kehidupan, dan merupakan hal yang normal saja. Sepanjang tahun seorang wanita akan menstruasi sebanyak 11 sampai 13 kali.

Gangguan menstruasi dapat berupa, :

  • Periode mens menjadi pendek yaitu kurang dari 21 hari
  • Periode mens menjadi panjang yaitu lebih dari 35 hari
  • Volume darah mens yang keluar menjadi lebih banyak
  • Volume darah mens yang keluar menjadi lebih sedikit.

 

Pada umumnya gangguan mens tidak memerlukan pengobatan karena akan sembuh dengan sendirinya bila tidak disertai dengan penyakit penyerta yang lebih serius.

Gangguan mens bila tidak disertai dengan penyakit lain, tidak menyebabkan kemandulan. Kehamilan dapat terjadi asalkan ada satu sel telur yang matang yang dilepaskan dan dibuahi oleh  satu sperma.

Hal-hal yang menyebabkan terjadinya gangguan menstruasi adalah sebagai berikut :

  • Gangguan hormonal, seperti puberitas karena hormon belum stabil dan menjelang menopause karena berkurangnya hormon.
  • Kehamilan dan menyusui
  • Ketidakseimbanan gizi seperti kurang gizi dan kegemukan
  • Pemakaian alat konstrasepsi hormonal seperti susuk, pil dan suntik
  • Stress berkepanjangan
  • Aktifitas fisik yang berat
  • Adanya penyakit lain seperti Syndrom Ovarium Polystik, myoma uteri, kista ovarium, keganasan dan lain-lain
  • Gangguan hormon pada kelenjar tiroid

Bila diketahui penyebab dari gangguan menstruasi yang dialami, maka segera tangani penyebabnya dengan baik maka siklus menstruasi dapat lancar kembali. Kunjungi Dokter Kandungan (SpOG) bila dicurigai adanya penyakit yang memerlukan pengobatan dan konsultasi lebih lanjut. Bila diperlukan Dokter akan memberikan obat untuk mengatur siklus menstruasi dan obat untuk merangsang kesuburan.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.